Fajar Rizky Wanggai Fokus Pembenahan Struktural PP

Sejumlah peserta dan tamu undangan yang menghadiri Muswil Pemuda Pancasila Papua di Hotel Yasmin Jayapura, Senin (19/12).

JAYAPURA-Setelah mengalami kevakuman selama 13 tahun,  Pemuda Pancasila Papua menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) di Hotel Yasmin Jayapura,  Senin (19/12). Dari Muswil ini akhirnya  Fajar Rizky Wanggai, terpilih Ketua definitif Pemuda Pancasila.

“Setelah terpilih, langkah pertama, kami akan melakukan pembenahan struktural di dalam kepengurusan Pemuda Pancasila Provinsi Papua, setelah itu kami akan lakukan konsolidasi di unsur Pemerintah, maupun TNI Polri,” ujar Fajar Rizky Wanggai.

Dikatakannya, konsolidasi sangat perlu, karena ormas Pemuda Pancasila ini sudah ada di Papua cukup lama, namun dalam kurun waktu 13 tahun terjadi kevakuman. Sehingga kepengurusan Pemuda Pancasila di era sekarang ini diharapkan  bisa kembali hidup.

Pihaknya juga akan lakukan pembenahan di tingkat Majelis Pimpinan Cabang (MPC) di wilayah Kabupaten maupun Kota yang ada di tanah Papua. Diharapkan, bukan hanya kepengurusan di tingkat Provinsi saja yang hidup, tetapi di tingkat kabupaten/kota juga, sehingga masyarakat merasakan kehadiran organisasi kepemudaan Pancasila ini ada di tanah Papua.

“Tujuan kami hadir bukan menjadi saingan kepada OKP lain, tetapi bagaimana kehadiran Pemuda Pancasila di tanah Papua bisa memberikan warna, dan menghidupkan kembali semangat dan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat di tanah Papua,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Muswil IV Ormas Pemuda Pancasila, yang juga  Sekretaris wilayah MPW, Ginetoy M Y Ariwei, SH, mengatakan dirinya ditunjuk sebagai karateker untuk melakukan musyawarah dan konsolidasi Ormas Pemuda Pancasila wilayah IV Provinsi Papua.

“Puji Tuhan kemarin telah berhasil konsolidasikan 17 pimpinan cabang dari 29 Kabupaten Kota di Papua. Sehingga secara aturan organisasi yang sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga bisa dilaksanakan Musyawarah wilayah di Provinsi Papua, dan telah disetujui oleh Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila di Jakarta,” terangnya.

Hasil Muswil kemarin, lanjut Ginetoy telah terpilih Ketua definitif Ormas Pemuda Pancasila wilayah IV, Provinsi Papua yaitu Fajar Rizky Wanggai, periode 2022-2027. Setelah Muswil Ketua terpilih dikukuhkan oleh Sekjen Majelis Pimpinan Nasional Arif Rahman. Kemudian diberikan kesempatan kepada ketua terpilih selama 1 bulan untuk membentuk struktur organisasi, setelah itu diserahkan ke Majelis Pimpinan Nasional.

“Pada bulan Februari 2023 mendatang akan dilakukan pelantikan Ketua terpilih serta Pengurus Ormas Pemuda Pancasila di Tanah Papua,” sambungnya. (rel/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *