Di Asmat,  Ratusan Kios dan Rumah Ludes Terbakar

Ist For Cepos Warga saat berusaha memadamkan kobaran api yang melahap ratusan kios dan rumah di Pasar Dolog, Agats, Kabupaten Asmat Minggu (16/10) sekitar pukul 05.00 WIT 

MERAUKE-  Kebakaran hebat terjadi di Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat. Ya, ratusan kios dan rumah milik warga di Pasar Dolog, Agats, ludes terbakar.

Musibah kebakaran ini  terjadi pada Minggu  (16/10) sekitar pukul 05.00 WIT.  Bahan bangunan yang terbuat dari kayu menyebabkan api  cepat membesar dan menyebar ke kios lainnya. Apalagi antara kios satu dengan lainnya saling bergandengan dan dihubugkan dengan jembatan papan. Tidak ada korban jiwa dalam  musibah kebakaran ini, namun kerugian ditaksir ratusan bahkan miliaran rupiah. 

   Kapolres Asmat AKBP Agus Hariadi, S,.Sos, MM,  dihubungi lewat telpon selulernya di Asmat membenarkan kebakaran Pasar Dolog yang mengagetkan warga  Asmat di pagi hari tersebut. Dijelaskan bahwa jumlah  bangunan kios dan rumah yang terbakar sebanyak 125 buah  yang terdiri dari  121 kios dan 4 rumah warga.  Jumlah ini terdiri untuk blok D sebanyak 48 bangunan, Blok G sebanyak 18 bangunan, Blok H sebanyak 20, Blok F sebanyak 19, Blok E sebanyak 16  dan rumah masyarakat sebanyak 4 unit.

‘’Sampai saat ini penyebab kebakaran tersebut belum diketahui, masih dalam penyelidikan. Namun informasi sementara yang dikumpulkan berdasarkan keterangan saksi di lapangan bahwa saksi melihat api membesar pertama dari dua rumah  yakni antara rumah Mama Firman dan Mama Marko,’’Terangnya.

Dikatakan, kebakaran ini cepat merembet dan besar karena bangunan dari kayu. Apalagi jembatan penghubung adalah kayu. Juga tidak ada  mobil pemadam kebakaran karena kondisi yang tidak memungkinkan Pemerintah  untuk pengadaan mobil pemadam kebakaran (Damkar), sehingga masyarakat  berusaha memadamkan api tersebut dengan menggunakan peralatan seadanya.  Kobaran api mulai menurun dan dapat menyelamatkan sebagian rumah penduduk lainnya setelah hujan lebat sempat turun.

‘’Untuk  penyebab kebakaran dan besarnya kerugian material masih dalam penyelidikan,’’ tandas Kapolres.

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat Asmat untuk selalu waspada dengan memperhatikan masalah penyambungan  kabel listrik, kompor atau saat menyalakan lilin  atau yang menjadi pemicu kebakaran agar  kejadian-kejadian tersebut tidak  terulang. 

Sementara itu Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal saat ditemui di Jayapura, Minggu (16/10). Kabid Humas mengatakan bahwa personel Polres Asmat yang dipimpin oleh Kapolsek Agats AKP Okto Adianto dapat memadamkan api sekitar pukul 06.30 WIT namun setelah api melahap puluhan rumah Pasar Dolog Agats, Distrik Agats, Kabupaten Asmat.

“Polisi bersama TNI pada peristiwa tersebut, bahu membahu membantu warga yang rumahnya terbakar, baik memadamkan api, dan ada juga yang membantu mengamankan barang-barang berharga milik warga agar dipindahkan di tempat yang lebih aman,”Kata Kombes Pol Kamal.

 

Ia menambahkan, hingga saat ini Polisi masih mendatakan jumlah bangunan yang terbakar dan kerugian yang dialami para korban.

Asal-usul terkait kejadian tersebut juga masih belum diketahui, namun Sat Reskrim Polres Asmat akan segera melakukan olah TKP untuk mengetahui kronologi terjadinya kebarakan tersebut. “Untuk asul-usul, kronologi, kerugian maupun jumlah rumah yang terbakar hingga saat ini masih kami dalami, kami berharap hal ini dapat cepat dilakukan guna mengungkap peristiwa tersebut,” ucap Kamal.

Diketahui hingga saat ini, personel TNI-Polri masih berada di lokasi kejadian guna membantu warga untuk memindahkan sisa-sisa barang dan mengamankan lokasi kejadian. “Masih kami data dan upaya pemadaman lebih jauh,” tutupnya. (Ulo/ade/tho).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *