Adat Berperan Membantu Pembangunan Sarmi

Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H, M.M, ketika bertemu Ketua Dewan Adat Sarmi Lukas Worone, Kamis (13/10).

-Bupati Mansnembra Dukung Terselenggaranya Konfrensi Dewan Adat Sarmi

SARMI-Pemda Sarmi melalui Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H, M.M, mendukung terselenggaranya Konfrensi Dewan Adar Sarmi yang direncanakan akan digelar pada Februari Tahun 2023 mendatang.  Hal ini ditegaskan Bupati Markus setelah bertemu dengan jajaran kepengurusan Dewan Adat Sarmi yang diketuai oleh Lukas Worone, Kamis (13/10)

Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H, M.M mengatakan sepenuhnya akan mendukung Konfrensi Dewan Adat Sarmi. Ia Berharap Adat dapat berperan membantu pemerintah daerah dalam pembangunan di Sarmi.

“Harapan saya melalui pelaksanaan Konfrensi Dewan Adat dapat menjadi wadah yang dapat memberikan kontribusi yang positif dalam roda pemerintahan di Sarmi dengan baik dan memajukan Sarmi kedepannya lebih baik,”Pungkasnya.

Sementara itu Ketua Dewan Adat Sarmi Lukas Worone mengatakan setelah bertemu dengan Pj Bupati sarmi dan menyampaikan beberapa hal yakni adanya Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) yang akan dilaksanakan di Jayapura, kemudian mengenai undangan resmi KMAN di Jakarta dan terakhir adanya rencana Kongres Dewan Adat Sarmi dan menurutnya Pj Bupati sangat menyambut baik rencana tersebut dan harus diselenggarakan di tahun depan.

“Sebenarnya konfrensi tersebut harusnya digelar ditahun ini namun tidak berjalan sehingga harus digelar ditahun 2023 karena SK kami di daerah itu telah mati sejak 2020 namun kemaren ada kebijakan daerah dapat digunakan sejauh ini,”Ungkapnya.

Ia menambahkan dalam konfrensi Dewan Adat Sarmi nantinya guna memilih ketua yang baru dan kepengurusannya karena sampai saat ini ketua masih sebagai pelaksana tugas. Kemudian dalam konfrensi tersebut nantinya juga akan membahas berbagai persoalan yang ada di daerah baik mengenai adat, kesehatan, pendidikan, pembangunan di Sarmi dan berbagai persoalan lainnya.

“Selain itu juga kita akan membicarakan hak-hak dasar masyarakat adat Sarmi. Kita ada lima suku besar di Sarmi kita akan libatkan nantinya semua dalam Konfrensi ini dan kami berharap dukungan Pj Bupati dan semua pihak yang ada di Kabupaten Sarmi,”Pungkasnya.(gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *