Pemkab Nduga Kembali Salurkan Bantuan Modal Bagi Pengusaha Asli Nduga

Pj Bupati Nduga Namia Gwijangge S.Pd. M.Si menyalurkan bantuan modal usaha kepada pengusaha asli Nduga, Rabu (12/10)

-Masyarakat Apresiasi Program Pemda Nduga

 

KENYAM-Guna membangkitkan ekonomi masyarakat asli Nduga, Pemerintah Kabupaten Nduga melalui Dinas Perindagkop Kabupaten Nduga kembali menyalurkan bantuan modal usaha bagi pengusaha asli Nduga. Penyaluran ini dipimpin langsung oleh Pj Bupati Nduga Namia Gwijangge S. Pd. M.Si kepada pengusaha asli Nduga di Distrik Kenyam, Rabu (12/10)

 

Penyaluran bantuan modal usaha ini merupakan tahap ke-2 pada tahun ini dengan jumlah sasaran 60 Pengusaha Asli Nduga. Sebelumnya bantuan modal usaha tahap 1 telah disalurkan kepada 20 usaha, sehingga total bantuan modal usaha yg akan mendapatkan bantuan modal usaha sebanyak 80 usaha.

 

Dimana  bantuan modal usaha yang diberikan sebesar Rp 50 juta setiap usaha yang dimiliki masyarakat Nduga dalam berbagai bidang seperti usaha kios, peternakan, perikanan, kerajinan tangan, pengetikan/ATK, jual buku dan Alkitab dan usaha lainnya.

 

Pj. Bupati Nduga Namia gwijangge S.Pd. M.Si bersama dinas Perindagkop turun langung mengunjungi masing-masing tempat usaha untuk mengetahui kondisi dan kelayakan para penerima bantuan modal usaha tersebut. Dimana pada Rabu (12/10) bantuan modal usaha berhasil disalurkan kepada 20 usaha yang dimiliki orang asli Nduga.

 

“Hari ini kami kembali mendatangi kios-kios untuk memberikan bantuan modal usaha kepada pengusaha Asli Nduga, hari ini baru tersalurkan 20 orang, selebihnya dilanjutkan besok hingga target 60 usaha yang dimiliki masyarakat Asli Nduga”Ungpak Bupati Namia.

 

Namia mengatakan bahwa bantuan modal usaha ini merupakan cara Pemerintah Kabupaten Nduga untuk menggairahkan masyarakat Asli Nduga menguasai ekonomi dalam bidang swasta, Namia mengatakan dengan masyarakat yang pandai berwirausaha dan sejahtera maka masyarakt menjadi mandiri dan tidak selalu bergantung dengan pemerintah.

 

“Disektor usaha inilah sebenarnya uang besar itu ada, saya berharap masyarakt Nduga suka berwiraswasta. Kalau masyarakat sejahtera mereka tidak akan selalu bergantung dengan pemerintah,”Tegasnya.

 

Namia menambahkan bahwa modal usaha yang diberikan harus digunakan dengan sebaik-baiknya, agar dapat mengembangkan usaha, selain itu juga Namia menekankan kepada para usahawan yang mendapatkan modal bantuan haruslah mempunyai kepedulian terhadap sesama.

 

“Saya berharap semoga dengan bantuan ini, pengusaha Asli Nduga dapat lebih berkembang dapat bersaing dengan pengusaha dari berbagai daerah, selain untuk menghidupi keluarga juga bisa membantu sesama”Tambahnya.

 

Namia juga mendorong para penerima usaha dapat memanfaatkan keberadaan koperasi Kabupaten Nduga dimana menurut namia, koperasi yang di Kelola Perindagkop menyediakan barang-barang dengan harga yang terjangkau. Selain itu juga Namia meminta kepada Dinas Perindagkop untuk selalu memonitoring dan melakukan pendampingan kepada para usaha yang diberikan modal usaha.

 

Sementara itu, salah satu penerima bantuan modal usaha, Porokus kogoya sangat berterimakasih kepada PJ Bupati Nduga karena telah memperhatikan masyarakat untuk pengembangkan usaha-usaha yang dimiliki masyarakat asli Nduga.

 

“Saya sangat bangga dengan saya punya Bupati, karena sangat luar biasa dalam pelayanan bidang ekonomi dan pengembangan usaha. Saya buat tempat ini setelah saya selesai studi maka saya mulai usaha dan ini memberikan semangat bagi kami bahwa kami anak Asli Nduga juga bisa berkembang di daerah sendiri,”Pungkasnya.(Humas/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *