Pemda Sarmi Komitmen dan Fokus Atasi Stunting

Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H, M.M ketika meninjau Kegiatan Demo Pangan Lokal Melalui Dapur Sehat Atasi Stunting, Selasa (4/10

-Demo Pangan Lokal Melalui Dapur Sehat Atasi Stunting di Sarmi

SARMI-Pemda Kabupaten Sarmi komitmen dan fokus atasi Stunting di daerah tersebut. Hal ini ditegaskan oleh Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H, M.M ketika membuka kegiatan  Demo Pangan Lokal Melalui Dapur Sehat Atasi Stunting di Kabupaten Sarmi. Kegiatan ini dilakukan secara serentak di 6 Distrik di Sarmi secara luring dan daring.

Dalam arahannya Pj Bupati Sarmi Markus O. Mansnembra, S.H, M.M mengharapkan dari pertemuan tersebut tercipta suatu komitmen dalam menanggulangi stunting bersama-sama, karena menurutnya pencepatanan penanganan penurunan stunting merupakan tanggungjawab semua pihak baik OPD dan steakholder dapat berperan aktif atas percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sarmi.

“Angka stunting di Kabupaten Sarmi masih diatas rata-rata jika dibandingkan dengan Kabupaten Kota yang ada di Papua, sehingga perlu diambil langkah-langkah yang strategis antar lembaga dan steakholder yang ada di Kabupaten Sarmi,”Ungkapnya.

Bupati Mansenembra menambahkan untuk mengatasi stunting juga harus dilakukan dari tingkat paling bawah yakni di keluarga, masyarakat dan OPD terkait dapat merencanakan serta bersinergi dengan berbagai pihak dalam pencepatan penurunan stunting dengan maksimalkan pemberian asupan gizi melalui dapur sehat dan kegiatan lainnya.

“Dengan memanfaatkan makanan lokal untuk dikonsumsi ini sangat membantu sekali dalam memberikan gizi kepada ibu hamil dan anak-anak sehingga potensi sumber daya alam harus di maksimalkan, “bebernya.

Ia juga mengapresiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kabupaten Sarmi yang telah membuat Kegiatan Demo Pangan Lokal melalui Dapur Sehat Atasi Stunting ditingkat Distrik dan Kampung di Kabupaten Sarmi.

“Apa yang kita lakukan hari ini bukan saja di Distrik Sarmi Kota tetapi ada enam distrik yang melaksanakan kegiatan ini sehingga saya berharap kegiatan ini bukan formalitas tetapi saya berharap ini sebagai kebutuhan kita sehingga angka stunting di Sarmi dapat menurun dan harus ada evaluasi dan keberlanjutan dan terus bersama mendorong penurunan stunting di Kabupaten Sarmi,”Katanya.

Melalui kegiatan tersebut juga menurutnya adalah upaya peningkatan SDM Kabupaten Sarmi melalui tingkat keluarga.(gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *