Persipura Kembali ke Rumah Sebagai Tamu

Suporter Persipura Mania. (Foto: Erik / Cepos)

JAYAPURA – Pertemuan tuan rumah Persewar Waropen dengan Persipura Jayapura dalam lanjutan kompetisi liga 2 2022/2023 wilayah timur di Stadion Mandala Jayapura pada Sabtu (1/10) akan menjadi laga unik.

Selain bertajuk derby Papua, laga ini juga akan menjadi sejarah baru bagi kedua klub. Khusus bagi Persipura, ini pertama kalinya Ian Kabes dan kolega akan bermain di Stadion Mandala Jayapura sebagai tamu.

Mengingat, musim ini Persipura untuk pertama kalinya hijrah dari Stadion Mandala. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu memilih Stadion Lukas Enembe sebagai rumah baru mereka.

Di sisi lain, Persewar Waropen dalam beberapa musim bermarkas di Stadion Cenderawasih Biak justru memilih Stadion Mandala Jayapura sebagai rumah baru mereka.

Sebenarnya Persipura bukan baru musim ini meninggalkan Stadion Mandala, tim kebanggaan masyarakat Papua itu sudah angkat kaki dari Mandala sejak 2019 silam. Kala itu Stadion Mandala sedang dalam tahap renovasi untuk persiapan PON XX 2021.

Akibatnya, Persipura menjadi tim musafir. Persipura mengungsi dan memakai Stadion Delta Sidoarjo, Stadion Aji Imbut Tenggarong dan Stadion Klabat Manado sebagai markas mereka di Liga 1 dan pada akhirnya degradasi ke liga 2 pada musim lalu.

Setelah 3 tahun, Persipura akhirnya bisa kembali bermain di Mandala. Bukan sebagai tuan rumah, Persipura justru sebagai tim tamu. Tentu sebuah laga yang penuh emosional bagi panji merah hitam.
Biar bagaimana pun, Stadion Mandala merupakan bagian dari sejarah Persipura. Di stadion yang berkapasitas kurang lebih 15 ribu penonton itu, Persipura pernah mengukir prestasi gemilang dengan merengkuh 4 gelar juara liga sepak bola tanah air.

Stadion Mandala selalu menjadi rumah yang angker bagi tim tamu. Tak banyak tim lawan yang mampu mendulang poin penuh di stadion ini. Nah, Persipura yang akan bermain sebagai tamu apakah mampu mendulang poin penuh. Atau tuah Stadion Mandala akan berpihak kepada Persewar Waropen sebagai tuan rumah yang baru.

Dalam dua partai kandang yang sudah dilakoni oleh Persewar, Stadion Mandala masih bersahabat kepada mereka.

Bermain imbang 1-1 dengan Persipal Palu dan menang 4-1 atas Putra Delta Sidoarjo.
Menjamu Persipura sebuah ujian berat bagi tim berjuluk Mutiara Bakau itu. Sebab Persipura yang mereka jamu bukan tamu sembarang. Mereka adalah tamu yang pernah berjaya di Stadion Mandala.

Pertandingan ini diprediksi akan berjalan sengit. Mengingat kedua tim butuh tambahan poin untuk menjaga persaingan di papan atas. Persipura saat ini menempati peringkat 2 dengan 10 poin, sementara Persewar Waropen berada pada peringkat 4 dengan 8 poin. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *