Tiga Kampung di Sentani Timur Siap jadi Tuan Rumah Sarasehan KMAN

Perbaikan tempat tambatan perahu di Kampung Yokiwa, Sentani Timur,  Selasa (13/9). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Menyambut Kongres Masyarakat Adat, tiga kampung di Distrik Sentani Timur  siap menjadi tuan rumah sarasehan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN).

Kepala Distrik Sentani Timur,  Esli Suangburaro mengatakan, ada 3 dari 7 kampung yang ada di Distrik Sentani Timur sudah dipersiapkan dengan baik untuk dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan sarasehan pada saat kegiatan KMAN ke 6 yang akan digelar mulai tanggal 24 sampai 30 Oktober tahun ini.

“Dari 7 kampung yang ada di Sentani Timur itu ada 3 kampung yang sudah siap menjadi tempat kegiatan sarasehan pada saat KMAN,” kata Esli Suangburaro, Selasa (13/9).

Adapun tiga kampung itu, Yaitu Yokiwa, Ayapo dan Nendali. Selain itu rumah-rumah penduduk di wilayah Distrik Sentani Timur juga sudah dipersiapkan dengan baik untuk menampung para tamu KMAN.

“Sekarang di Yokiwa sedang kita buat penambahan Obhe, jembatan tambatan perahu di pinggir kali itu juga sedang diperbaiki,” ujarnya.

Untuk pekerjaan dan perbaikan Obhe di Yokiwa  dilakukan secara spontanitas oleh masyarakat adat setempat.  Dalam mempersiapkan pekerjaan itu masyarakat adat setempat kompak mempersiapkan segala fasilitas yang akan digunakan, termasuk rumah adat dan perlengkapan lainnya.  Dari data yang ada di Kabupaten Jayapura tepatnya di wilayah Danau Sentani,  ada 10 titik dari beberapa kampung yang akan dijadikan sebagai tempat kegiatan sarasehan pada saat KMAN .  Tiga diantaranya akan dilakukan di tiga kampung yang ada di Distrik Sentani Timur.

“Jadi sekali lagi saya mau sampaikan untuk 3 kampung yang ada di Distrik Sentani Timur itu sejauh ini sudah mulai dipersiapkan. Kami betul-betul menyiapkan dan mendukung secara penuh penyelenggaraan kegiatan KMAN ke 6 di Kabupaten Jayapura,”tandasnya.(roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *