APSI  Harus Bersinergi Tingkatan Mutu Kualitas Pendidikan 

JAYAPURA-Ismiati Juni Susanti, SH.,S.Pd.,M.Pd.,telah dilantik menjadi Ketua APSI Kota Jayapura periode 2022-2027 oleh Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Papua Paul Gandeguai, S.Pd.,MM.,disaksikan Staf Ahli Wali Kota Jayapura Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sem Stenly Merauje, S.Pak,MM.,berlangsung di Gedung PGRI Kota Jayapura., Kamis (8/9)kemarin.

   Ketua Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Papua Paul Gandeguai, S.Pd.,MM mengatakan, APSI Papua mempunyai 2 tugas pokok yang harus dikerjakan sesuai amanat kongres pertama melakukan konsolidasi organisasi, kemudian program peningkatan kapasitas pengawas diseluruh Provinsi Papua dan dalam program konsolidasi organisasi akan keliling Provinsi Papua untuk membentuk cabang APSI di seluruh Provinsi  Papua.

   “Kami juga akan bermitra kepada pemerintah setempat untuk program peningkatan kapasitas pengawas sekolah, hal ini sangat perlu ditingkatkan profesionalismenya karena ada dua tugas pokok yang diemban seorang pengawas yakni pengawas sebagai akademik dan pengawas sebagai pengawas manajerial, pada intinya seorang pengawas adalah seorang profesionalis yang melakukan proses legitimasi terhadap laik tidaknya sebuah satuan Pendidikan, laik tidaknya proses penyelenggaran Pendidikan di satuan Pendidikan, dan laik tidaknya proses manajerial dalam proses penyelenggaraan sekolah,’’katanya .

   Dan kemudian pekerjaan terakhir yang harus dikerjakan pengawas sekolah melakukan penilaian kinerja baik penilaian kinerja oleh Kepala sekolah, seorang tenaga edukatif dan penilaian kinerja ini akan sebagai referensi untuk pemerintah daerah dalam hal ini Baperjakat dalam menentukan terus sejauh mana pengembangan Kepsek kedepan.

  Di tempat sama, Mewakili Kepala Dinas P&K Kota Jayapura melalui sekretaris Dinas P& K Kota Jayapura Abdul Majid mengakui, Dinas P&K mengucapkan sukses  atas pelantikan ini karena akan memperkokoh soliditas kepada teman-teman pengawas yang ada di Kota Jayapura.

  “Kami berharap melalui pelantikan ini akan meningkatkan sinergitas, peningkatan mutu kualitas pendidikan di Kota Jayapura lebih maju, lebih baik simultan dengan berjalannya Pendidikan di Kota Jayapura dan APSI Kota Jayapura bisa menjadi mitra, menjadi partner bergerak mengawal pendidikan di Kota Jayapura,’’jelasnya.

  Ketua  APSI Kota Jayapura Ismiati Juni Susanti, mengaku dengan ia telah dilantik maka dia akan  melaksanakan Raker untuk menentukan program kerja sambil bulan Oktober ada Munas di Bali dari Program Munas akan dilanjutkan di Kota Jayapura.

   “Kami juga mengajak peningkatan kapasitas para pengawas, dan menyesuaikan dengan perubahan zaman supaya pengawas tidak ketinggalan untuk membina sekolah sesuai perkembangan zaman, sesuai dengan kurikulum yang ada karena Kota Jayapura sebagai barometer Pendidikan di Tanah Papua, dan kami akan terus bermitra kepada pemerintah,’’jelasnya.

   Untuk pengurus APSI anggotanya dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK dan kalau kementerian dari pengawas agama dari MI, MTS, sampai MA semuanya tercover di dalamnya ada 20 anggota. (dil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *