12 Didikan Gabus Berhasil Peroleh Sukma

Kapolres Jayapura saat menyerahkan Sukma kepada salah satu warga yang lulus melalui program gabus, di lapangan apel Kantor Bupati Jayapura, Kamis (8/9). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Program Gerakan Baca Tulis (Gabus) yang digagas Kapolres Jayapura dan jajarannya kini berbuah manis. Setidaknya dari sekian banyak kegiatan yang sudah dilakukan mampu menuntaskan buta aksara di wilayah hukum Kabupaten Jayapura dan saat ini sudah ada 12 orang yang dinyatakan  memiliki kemampuan membaca dan menulis atau melek aksara.

Program ini sudah dijalankan sekitar kurang lebih 6 bulan yang lalu dan sampai saat ini masih terus digalakkan dengan dimotori oleh hampir seluruh Bhabinkamtibmas yang ada di setiap kampung yang ada di wilayah hukum Polres Jayapura.   Dari 130 peserta didik, ada 12 orang peserta yang menerima sertifikat atau surat keterangan melek aksara (Sukma).

“Dari 130-an peserta didik Gabus, 12 diantaranya sudah mendapatkan surat melek aksara. Hal ini memotivasi kita jajaran Polres Jayapura untuk terus meningkatkan program Gabus sebagai upaya pemberantasan buta aksara di Kabupaten Jayapura,” terangnya.

Pihaknya berharap, setidaknya ada yang berhasil membaca dan menulis disetiap bulannya melalui program Gabus ini.

“Kami tidak mengejar kuantitas tapi kami mengejar kualitas. Satu Bhabinkamtibmas mempunyai 1 peserta didik tidak masalah, yang terpenting peserta didik tersebut berhasil dan bisa baca tulis,”ujarnya.

Sementara di tempat yang sama Wakil Bupati Jayapura Giri  Wijayantoro mengapresiasi apa yang telah dilakukan Polres Jayapura melalui program Gabus.

“Dengan adanya program Gabus, kami pemerintah daerah sangat terbantu dan mengucapkan terima kasih. Dalam program ini siapa saja boleh ikut untuk melek aksara,”ujarnya.(roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *