Danlanal Timika Lepas Calon Bintara dan Tamtama TNI AL

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno, M.Han., M.Tr.Opsla saat melakukan seleksi terhadap calon bintara dan Tamtama Prajurit Karir (PK) TNI AL yang merupakan putra-putri dari Kabupaten Mimika. (Foto/Lanal Timika )

 

Untuk Mengikuti Tes Panthukir Daerah Merauke

TIMIKA_Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno, M.Han., M.Tr.Opsla melepas calon Bintara dan Tamtama Prajurit Karir (PK) TNI AL Gelombang II TA 2022 untuk mengikuti tes atau seleksi selanjutnya di Pantukhir Daerah (Panda) Merauke, Selasa (23/8/2022).
Prosesi pelepasan calon Bintara dan Tamtama TNI AL gelombang II tahun 2022 ini, berlangsung di Aula Kantor Perwakilan Lanal Timika yang turut dihadiri Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob berikut orangtua/wali serta perwakilan dari sejumlah sekolah yang ada di Timika.
Para calon bintara dan tamtama ini telah mengikuti seleksi atau tes kurang lebih 1 bulan lamanya di Sub Panda Timika, mulai dari tahap administrasi, kesehatan, kesamaptaan hingga postur. Setelah dinyatakan lulus dari beberapa tahapan tersebut, mereka akan mengikuti lagi tes atau seleksi di Pantukhir Daerah Merauke.
Danlanal Timika Letkol Apriles mengatakan tes PK TNI AL ini terdapat dua gelombang, yang mana gelombang I telah dilaksanakan pada awal tahun 2022, yaitu di bulan Maret, sedangkan gelombang II di akhir tahun yaitu bulan Agustus.
Ia mengucap syukur lantaran dari hari hasil validasi gelombang II ini, terdapat sebanyak 30 calon Bintara dan enam calon Tamtama. Jumlah ini menurutnya cukup banyak dari sebelumnya. Sementara yang akan berangkat mengikuti tes di Panda Merauke ada sebanyak 23 calon bintara dan empat calon tamtama.
“Ini suatu kebanggaan bagi kita juga. Karena kerja keras panitia, anggota saya, memberi sosialisasi ke sekolah-sekolah. Karena sudah banyak peminat yang menengok ada Angkatan Laut di Kabupaten Mimika,” kata Letkol Apriles dalam rilis yang diterima Cenderawasih Pos, Rabu (24/8)
Menurutnya, kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sangatlah baik, yakni memberikan kebijakan khusus untuk merekrut putra daerah maupun anak-anak yang lahir dan besar di suatu daerah, seperti di Kabupaten Mimika.
Nantinya calon bintara dan tamtama ini jika lulus seleksi di Panda Merauke, selanjutnya mereka akan dititip di Satuan Didik (Satdik) III yang berada di Malang, Jawa Timur. Setelah dari situ mereka akan dikirim kembali untuk berdinas di satuan awal di Papua, seperti misalnya di Pos AL Agats, Kabupaten Asmat maupun di Lanal Timika.
“Adik-adik ini bukan hanya dari Kabupaten Mimika, tapi juga ada dari Asmat. Di sana ada Posal Agats. Jadi Posal Agats ada 4 orang, 1 orang disini putri dan 3 orang saya perintahkan langsung tes di Merauke,” terang Danlanal.

“Mereka ini, mohon maaf, jadi perhatian khusus. Karena mereka adalah orang-orang yang diberikan perhatian karena mereka akan kembali dan mengawaki Posal Agats dan Lanal Timika,” imbuhnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada Lanal Timika. Sebagai perwakilan dari Pemkab Mimika, Ia hadir untuk memberikan dukungan dan semangat kepada anak-anak Timika yang akan mengikuti tes selanjutnya di Merauke untuk menjadi prajurit TNI AL.
Bahkan Johannes Rettob mengingatkan kepada calon bintara dan tamtama untuk serius dan semangat mengikuti tes, guna mencapai hasil yang memuaskan dan bisa dinyatakan lulus. Terutama, mereka ke Merauke mambawa nama Kabupaten Mimika.
“Ini adalah kesempatan yang baik, gunakan kesempatan ini dengan baik, terutama putra daerah dan lahir besar disini. Kalian sudah diberi kesempatan, harus gunakan itu dengan baik,” kata Wabup.
“Sekali lagi selamat jalan dan selamat berjuang. Artinya apa, masih ada perjuangan tes yang harus kalian ikuti. Kalian harus berjuang betul-betul, karena bawa nama Mimika dan nama Lanal Timika,” pungkasnya. (*/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *