Rangkaian Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Yahukimo Berlangsung Semarak

Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) menyerahkan bendera Merah Putih kepada paskriba untuk dikibarkan pada Upacara detik-detik proklamasi di Yahukimo, Rabu (17/8). Foto : Humas for Cepos

YAHUKIMO– Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Yahukimo  diperingati dalam upacara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Yahukimo, Rabu (17/8/2022) pagi.

Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), dimana moment ini merupakan perdana bagi bupati pasca dilantik dan setelah setahun sebelumnya peringatan HUT RI hanya dilakukan lewat virtual karena masa pandemi covid-19.

Bertindak sebagai komandan upacara, AKP Alwi Wairooy yang merupakan Kasat Lantas Polres Kabupaten Yahukimo. Sementara pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Yahukimo, Yosias Mirin.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dipimpin langsung oleh Serka Dwiyan Samatra melangkah tegap meski dengan kondisi lapangan becek setelah sempat hujan beberapa saat.

Bendera Merah Putih diserahkan langsung oleh Bupati Yahukimo dari podium utama kepada Yulianti Lokon Siswi SMA 1 Dekai yang bertugas sebagai pembawa baki. Sementara tiga lainnya dari kelompok 8, masing-masing Evendi Pahabol,  Christian Ronaldo Wanimbo dan Naftal Syihan Hamzah bertugas mengibarkan sang Saka Merah Putih.

Dari Pantauan media, Upacara dan detik-detik proklamasi dilaksanakan tepat pukul 10.00 WIT. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram bersama Ibu, Ketua TP PKK, Ami Yahuli, Kapolres Yahukimo, AKBP Deni Herdiana.

Turut hadir Ketua Pengadilan dan Kejaksaan Negeri Wamena, pimpinan dan sejumlah  anggota DPRD Kabupaten Yahukimo, para Pimpinan OPD serta peserta upacara yang terdiri dari siswa dan siswi SD, SMP dan SMA, TNI/Polri, Korpri dan ASN.

Kegiatan peringatan Upacara HUT RI ke-77 di Kabupaten Yahukimo ditutup dengan pemberian piala dengan trofi bergilir diserahkan langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan sebagai pemenang utama lomba Futsal antar SKPD di lingkup Pemkab Yahukimo.

Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli , wakil bupati Esau Miran, dan Forkopimda kabupaten Yahukimo, dengan penuh hikmad mengikuti Upacara detik-detik proklamasi di Yahukimo, Rabu (17/8). Foto : Humas for Cepos

Rabu (17/8/2022) sore, Wakil Bupati Yahukimo, Esau Miram bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, sekaligus mengakhiri rangkaian peringatan HUT RI ke 77 di Kabupaten Yahukimo,

Upacara yang berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Yahukimo ini berlangsung hikmad, meski sempat molor dari jadwal sebelumnya pukul 17.00 WIT lantaran cuaca hujan.

Laporan Komandan Upacara, Ipda I Made Budi, menandai dimulainya upacara penurunan bendera Merah Putih. Selanjutnya, proses penurunan dilakukan oleh Cristian Ronaldo Wanimbo dua rekannya Kevin Kabak dan Nafdal Syihan Hamzah selaku tim Paskibraka.

Sementara,  Milena Heluka dipercayakan sebagai pembawa bendera yang kemudian di serahkan kepada Wakil Bupati Esau Miram untuk dikembalikan ketempat semula.

Rangkaian HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 77 di Kabupaten Yahukimo juga akan ditutup dengan resepsi kenegaraan yang di Aula Kediaman Bupati Yahukimo.

Sekedar diketahui kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Kabupaten Yahukimo juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan. Sehari sebelum Upacara detik-detik Proklamasi, Pemda Yaukimo bersama TNI dan Polri menggelar upacara penetapan waktu  (taptu) dan pawai obor.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan Aula Pendidikan Kabupaten Yahukimo, diawali dengan penyalaan obor yang dilakukan oleh Kapolres Yahukimo, AKBP Deni Herdiana selalu Inspektur Upacara kepada empat peserta dari unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Pramuka.

“Hari ini kita melaksanakan Taptu sekaligus melihat langsung pawai obor, puji Tuhan kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tertib,” kata Bupati Didimus, Selasa malam.

Dalam rangkaian kegiatan yang sama Bupati Didimus juga menerima bingkisan dari alumni Akpol 94 berupa peralatan ibadah, olah raga, musik dan serta pakaian. Dimana bingkisan tersebut diserahkan langsung oleh Kasatgas Siber KBP Kombes Pol Bambang Widyatmoko.

“ Ditengah-tengah sukacita malam ini kami mendapat bantuan dari Kepolisian berupa gitar, Alkitab, Al-Quran, alat olah raga dan pakaian dan ini semua merupakan bagian dari  suka cita perayaan 77 Tahun Indonesia HUT RI khususnya di Kabupaten Yahukimo,” kata Bupati.

Sementara Kasatgas Siber KBP Kombes Pol Bambang Widyatmoko menambahkan pemberian bantuan atau bingkisan kepada Pemda Yahukimo bertujuan untuk membantu masyarakat yang berada di daerah konflik.

“Jadi bantuan ini kami serahkan dibeberapa wilayah termasuk salah satunya Kabupaten Yahukimo. Harapannya, semoga bantuan ini dapat berguna bagi masyarakat penerima,” kata Kombes Bambang.

Untuk Pawai Obor di Kabupaten Yahukimo diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari siswa dan siswa dari tingkat SD hingga SMA, Personel Polres Yahukimo dan Anggota Kodim 1715/Yahukimo, Perguruan Pencak Silat PSHT, Satpol PP dan Pramuka.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram beserta ibu, Ketua TP PKK Ami Yahuli, Pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Yahukimo dan jajaran Pimpinan OPD Pemkab Kabupaten Yahukimo. (ist/luc)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *