Astra Motor Sambut Baik 3 Daerah Otonomi Baru di Papua

Kepala Wilayah Astra Motor Papua, Wendy Tenario ketika memberikan keterangan pers, belum lama ini. (IMELDA/Cepos)

JAYAPURA – Astra Motor Papua menyambut baik adanya tiga Daerah Otonomi baru (DOB) bagi para pelaku bisnis otomotif di  Bumi Cenderawasih. Tiga daerah otonomi baru tersebut yaitu, Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

Kepala Wilayah Astra Motor Papua, Wendy Tenario di Jayapura, mengatakan dengan terbentuknya DOB maka akan ada pertumbuhan ekonomi baru.

“Kami di dunia bisnis otomotif akan berdampak yang luar biasa,’’ katanya

Menurut Wendy, kini pihaknya sedang mempelajari tiga wilayah pemekaran seperti kondisinya,bagaimana medan  dan penjualan seperti apa yang akan dilakukan.

“Kami masih mempelajari perkembangan wilayah pemekaran tersebut, ruang lingkupnya seperti apa batas wewenang provinsi, karena hal tersebut sesuatu yang baru bagi Astra Motor,’’Ujarnya.

Wendy juga menjelaskan tantangan terberat dalam menjalankan bisnis otomotif di Papua adalah infrastruktur yang belum memadai.

‘’Dengan luas wilayah lima kali pulau Jawa, dan belum ditunjang dengan infrastruktur memadai, kami terkendala dengan pengiriman kendaraan sepeda motor di intra Papua yang hanya bisa melalui laut, bahkan beberapa daerah harus menggunakan angkutan udara karena akses darat belum terhubung dengan baik semuanya,’’ kata Wendy.

Tantangan lainnya, kata Wendy, pengembangan kualitas sumber daya manusia guna membantu pemerintah daerah untuk memenuhi standar nasional. ‘’Kendala kami pasti pada pengiriman kendaraan sepeda motor di intra Papua,” katanya lagi.

Dia menambahkan dimana untuk pengiriman harus menggunakan laut atau udara karena akses darat yang  belum terhubung.

‘’Ke depan ini menjadi tugas bersama oleh karena itu, kami mendorong untuk memberikan pelatihan bagi masyarakat di Papua,’’Pungkasnya. (CR-268/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *