Diharapkan Dapat Harumkan Papua di MTQ Nasional

JAYAPURA-Ketua Dewan Hakim Cabang Fahmil Qur’an Dr. H. Husnul Yaqin, S.H.I., MH, berharap pemenang cabang Fahmil Qur’an Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Papua, dapat mengharumkan Tanah Papua di Tingkat Nasional.

  Untuk itu, ia meminta para official dari tiap kabupaten/kota dapat lebih mendorong para peserta didiknya agar mencapai harapan tersebut. Hal ini tidak berlebihan mengingat Provinsi Papua pernah meraih juara I cabang Fahmil Qur’an pada MTQ Tingkat Nasional XXIII di Bengkulu tahun 2010 silam.

  Fahmil Qur’an merupakan salah satu jenis cabang perlombaan yang cukup bergengsi dalam perhelatan MTQ, dengan menampilkan pemahaman/pendalaman tentang kandungan ayat Al-Qur’an dalam bentuk cerdas cermat. Dalam perhelatan MTQ XXIX Tingkat Provinsi Papua Tahun 2022, cabang lomba Fahmil Qur’an putra dan putri  dilaksanakan di Aula Masjid Al-Ihsan Kotaraja, Kota Jayapura pada Kamis (4/8).

  Husnul Yaqin mengungkapkan bahwa pada hari ini telah dilaksanakan final Fahmil Qur’an dari golongan putra dan putri. Adapun final Fahmil Qur’an golongan putra, tampil 4 regu yaitu berasal dari Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Keerom dan Kota Jayapura. Selanjutnya final Fahmil Qur’an pada golongan putri yaitu Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom.

  “Tentu kami sangat apresiasi kepada para peserta dan para official yang bekerja keras untuk mengikuti cabang Flahmil Qur’an ini. Dalam babak penyisihan lalu bagian putra maupun putri sangat luar biasa, namun tentu jauh berbeda dengan babak final hari ini. Karena bobot soalnya pun juga jauh berbeda, kalau memang di babak penyisihan kemarin nilainya saling berbeda jauh, tetapi final Fahmil ini nilainya saling mengejar tipis. Luar biasa atmosfer dari keantusiasan peserta maupun penonton pada final putra dan putri hari ini,” ungkapnya.

  Husnul Yaqin sangat berharap jika para peserta yang menang dan menuju ke babak nasional agar lebih ditingkatkan kembali pemahamannya. Ia juga berharap kepada para official dari tiap Kabupaten/Kota untuk dapat lebih mendorong para peserta didiknya dengan harapan para peserta yang mewakili Provinsi Papua pada ajang nasional khususnya Fahmil Qur’an bisa mencetak prestasi luar biasa di tingkat nasional seperti beberapa tahun lalu.

  Adapun pemenang pada cabang lomba Fahmil Qur’an bagian putra disampaikan Husnul Yaqin yaitu berasal dari Kabupaten Jayapura dengan total perolehan nilai mencapai 480. Selanjutnya, untuk  putri dimenangkan oleh Kabupaten Merauke dengan total perolehan nilai mencapai 675.

  Di tempat yang sama, pelatih cabang Fahmil Qur’an Kabupaten Merauke, Drs. Muhammad Armin, M.Pd.I., mengungkapkan rasa syukurnya karena dapat menjadi yang terbaik di regu putri. Ia juga berterima kasih kepada panitia dan para Dewan Hakim yang telah bersepakat bahwa soal yang diujikan yaitu obyektif dan merata.

  “Ternyata selama ini kami tidak keliru karena kami membaca dan tidak mau jatuh ke kontekstual dari soal tersebut. Maka dari itu, dalam latihan anak-anak kami, perlu kami tingkatkan kedepannya. Diantaranya adalah bagaimana agar anak-anak kami ini tidak hanya memahami pengetahuan agama saja, tapi juga kebutuhan umum dan utamanya juga harus kami tingkatkan. Ini bukan hanya cabang lomba Fahmil, tapi seluruh cabang lomba di MTQ akan kami tingkatkan anak-anak kami lagi,” ungkapnya. (humas/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *