Potensi Wisata Alam dan Sejarah, Pantai Kirisibokoi Tablanusu Siap Dikelolah

Suasana Pantai Krisibokoi di Kampung Tabelanusu, Distrik Depapre, yang memiliki tempat yang indah akan di kelola masyarakat, Minggu, (31/7). foto:Noel/Cepos

Siap Kelola, Harap Dukungan Pemerintah

JAYAPURA – Guna mengembangkan bisnis wisata Bahari Masyarakat Kampung Tablanusu lakukan perbaikan pantai Krisibokoi dan berharap dukungan Pemerintah Kabupaten, Provinsi Papua  dan pemerintah pusat.

Pantai yang berada di samping kiri pelabuhan Depapre tersebut merpakan tempat wisata yang sangat menarik dengan pasir yang luas berhadapan langsung dengan gunung Cycloop serta lautnya yang jernih dengan latar belakang hutan yang masih alami memiliki peluang bisnis yang baik di daerah tersebut.

Tokoh masyarakat Kampung Tabelanusu Menase Philemon Yakarimilena mengatakan bahwa dari program kampung ada rencana penataan pantai, dan ada pikiran-pikiran sadar wisata bagi masyarakat untuk kembangkan tempat mereka. Dia mengatakan selama ini banyak aset pariwisata yang bisa dikelola namun belum dimanfaatkan secara baik sehingga pihaknya berencana akan melakukan pembenahan.

“Kami rencana melakukan penataan pantai lebih dulu dengan pembersihan setelah itu kami akan bangun ruang penginapan maka kami berharap ada dukungan dari pemerintah baik Kabupaten provinsi maupun Pusat,” katanya.Minggu, (31/7).

Ia mengatakan untuk kebutuhan yang dibutuhkan di pantai tersebut adalah Homestay fasilitas MCK dan juga fasilitas lain seperti sarana air bersih. Dikatakan, dengan dibangunnya tempat wisata baru ini diharapkan bisa membuka lapangan kerja bagi pemuda di kampung Tabulanusu,

” Ini sudah saatnya kita angkat potensi Kampung dan wisata dari kampung Tabelanusu apa lagi besok jadi Provinsi dan juga tempat ini jadi pelabuhan besar.,” katanya.

Untuk itu, pihaknya bersama Pemuda akan mempersiapkan master plan perencanaan pantai yang diminta oleh dinas terkait dan akan disampaikan agar dapat dibantu oleh pemerintah. “Karena di lokasi akan ditata pantainya tersebut merupakan lokasi sejarah kampung tua Tabelanusu dan menjadi tempat masuknya injil pertama di kampung tersebut dengan Tugu sejarah yang masih ada,” katanya.

Sementara itu, Pemuda Kampung Tabelanusu Victor Apaseray mengatakan, rencana pemuda kelola Tempat ini bersama Dinas pariwisata Kabupaten yang sudah datang dan mereka minta pihaknya ajuhkan Proposal untuk dukung tempat usaha.” ini tempat yang barus untuk tempat wisata bisa bermalam, dan kami rencana bangun Homestay dan kami pemuda suda bersihkan dan akan taru Home Stay dan kami pemuda siap kerja, kami juga harap pemerintan dukung jangan abaikan,” Ujarnya, (oel).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *