Bulog Papua Akui Serapan Beras Merauke Rendah Karena Gagal Panen

Beras Bulog yang berada pad Gudang beras di Kota Jayapura (ANTARA/ Qadri Pratiwi)

Jayapura, 18/7 (ANTARA) – Perusahaan Umum ( Perum) Bulog Kantor Wilayah Papua dan Papua Barat mengatakan realisasi serapan beras masih sangat rendah hal tersebut terjadi adanya gagal panen di Kabupaten Merauke.

Kepala Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat Raden Guna Dharma di Jayapura, Senin, mengatakan realisasi serapan beras pada triwulan pertama dan kedua mencapai 50 persen dari target 32 ribu ton.”Kami memperkirakan untuk target pengadaan beras Merauke tahun ini tidak tercapai,” katanya.

Menurut Guna, untuk stok beras tetap tersedia yang mana pihaknya telah mendatangkan beras dari Sulawesi Selatan sebanyak 2 ribu ton. “Kini kami memiliki stok beras sebanyak 28 ribu ton untuk ketahanan pangan 3,5 bulan ke depan berdasarkan konsumsi per kapita di kedua wilayah,” ujarnya.

Ia menjelaskan selain 2 ribu ton beras, akan datang lagi sebanyak 12.775 ton dengan begitu ketahanan pangan akan bertahan selama enam bulan. “Kami akan tetap menjaga stok beras sehingga bagi masyarakat tidak perlu khawatir, ” katanya lagi.

\Dia menambahkan gagal panen di Kabupaten Merauke pihaknya tidak mengetahui pasti namun pihaknya berharap hal tersebut tidak terjadi lagi.
(Oleh : Qadri Pratiwi
Editor : Adi Lazuardi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *