Peradi Kota Jayapura Siap Bekerjasama Dengan Semua Pihak Untuk Kemajuan dan Penegakan Hukum di Papua

Koordinator Wilayah Papua DPN Peradi Nur Aida Duwila, SH mewakili ketua DPN Peradi bersama Penjabat Wali Kota Jayapura Dr. Frans Pekey M.Si, ketua DPC Peradi  Kota Jayapura Dr. Pieter Ell. SH. MH membuka RAC DPC Peradi Kota Jayapura dengan pemukulan Tifa, di Ballroom Batiqa Hotels,  Entrop-Jayapura, Sabtu (16/7). foto:Lucky/Cepos

RAC DPC Peradi Kota Jayapura Resmi Digelar , Sabtu 16 Juli 2022

JAYAPURA – Rapat Anggota Cabang (RAC) DPC Peradi Kota Jayapura resmi dibuka oleh Nur Aida Duwila, SH selaku Koordinator Wilayah Papua  DPN Peradi, Mewakili ketua DPN Peradi bersama Penjabat Wali Kota Jayapura Dr. Frans Pekey M.Si, ketua DPC Peradi  Kota Jayapura Dr. Pieter Ell. SH. MH dengan pemukulan Tifa, di Ballroom Batiqa Hotels,  Entrop-Jayapura, Sabtu (16/7).

Korwil Papua dan Papua Barat DPN Peradi Nur Aida Duwila dalam sambutannya sebelum membuka RAC mengatakan, pihaknya berhadap ada hal baik yang diperoleh dalam RAC.” Saya juga berharap, kita dapat menghasilkan sesuatu RAC ini dengan memberikan masukan-masukan yang positif yang berguna dan bermanfaat  bagi organisasi kita kedepan sesuai dengan profesi advokat,” ujarnya.

Ketua DPC Peradi Kota Jayapura Dr Pieter Ell, mengatakan, peristiwa RAC adalah momentum bersejarah bagi Peradi Kota Jayapura dan tidak akan terulang kedua kali dalam hidup. Advokat adalah salah satu

Penyerahan Palu kepada ketua DPC Peradi Kota Jayapura selaku Pimpinan Rapat Anggota.

dari aparat penegak hukum yang sejajar dengan jaksa, polisi dan hakim. “ Advokad adalah aparat penegak hukum juga,” tegasnya.

Anggota peradi di Indonesia tersebar di 173 kabupaten/kota (DPC)  yang beranggotakan 59 ribu anggota. “ Profesi advokad adalah kebanggaan kita, selaku apparat penegak hukum yang mandiri, namun kita juga harus bekerjasama dalam kemajuan dan penegakan hukum di tanah Papua, khususnya di Kota Jayapura” jelasnya.

Dikatakan, anggota Peradi yang ada saat ini, ada disemua bidang dan datang dari macam-macam profesi yang kini menekuni profesi sebagai advokat. “ ini suatu kebangaan, SDM kami cukup mumpuni untuk bekerjasama dengan siapa saja dalam ranngka kemajuan dan penegakan hukum di Tanah Papua,” tegasnya.

Penjabat Wali Kota Jayapura Dr. Frans Pekey M.Si merasa bangga bisa berada ditengah-tengah para advokat yang tergabung dalam Peradi, “ Para Advokat ini adalah orang-orang hebat, dan orang cerdas dan para pejuang yang ulung memperjuangkan keadilan bagi masyarakat di tanah air, di Tanah Papua, dan khususnya di Kota Jayapura,” ungkapnya.

Dikatakan, organisasi Peradi adalah organisasi yang kuat, besar dan solid.” Solid dalam institusi keberadaan organisasi Peradi, tetapi juga solid karena anggota-anggotanya, kapasitass, kualitas dan kapabilitas yang luar biasa,” jelasnya.

Dikatakan, semangat rapat anggota hendaknya untuk membangkitkan kekuatan, merapatkan barisan, dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas anggota tetapi lebih dari itu adalah untuk memberikan rasa keadilan bagi masyarakat Kota Jayapura pencari keadilan, bahkan oleh masyarakat di tanah Papua dan Indonesia pada umumnya. “Terutama bagi masyarakat kita yang kurang mampu, yang ekonomi lemah, kalangan bawah, harap menjadi pehatian Peradi,”ujarnya.

RAC tentu akan juga mengevaluasi sejauh mana peran dan fungsi  Peradi sendiri di Kota Jayapura, dalam rangka memperkuat soliditas anggota.

Acara Pembukaan RAC diawali dengan masuknya petaka bendera Peradi, dan sang merah putih, diringin Lagu Tanah Papua oleh group music Akustik Papua, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars Peradi.

Dilanjutkan dengan laporan ketua Panitia RAC DPC Peradi, Matheus Mamun Sare, SH. Dalam laporannya menyampaikan bahwa tema RAC “ Membangkitkan semangat persaudaraan dan solidaritas antar Anggota” . Sedangkan maksud dan tujuan RAC yakni mendengar laporan DPC mengenai hal-hal yang telah dikerjakan, dan mendengar usul-usul dari DPC dan atau para anggota Peradi, usul-usul dari DPC dana tau para anggota Peradi di Cabang yang bersangkutan. Terselenggaranya RAC atas dukungan DPC Peradi Kota Jayapura, partisipasi anggota, donatur dan dukungan berbagai pihak.

Selain dihadiri langsung oleh penjabat Walikota, pembukaan RAC dihadiri juga oleh ketua PN Jayapura, pejabat pemerintah Kota Jayapura, aparat penegak hukum,  tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi dan tamu undangan lainnya. (luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *