Bupati Mathius Optimis Kabupaten Jayapura Jadi Gudang Atlet

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si.,  saat membuka kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten ke-II, Minggu (10/7). (Robert Mboik/Cepos)

Kontingen peserta Porkab dari Distrik Nimboran saat mengikuti kegiatan seremoni pembukaan Porkab II, Minggu (10/7). (Robert Mboik/Cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE., M.Si., secara resmi membuka kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten  (Porkab) II  tahun 2022 Kabupaten Jayapura, Minggu (10/7).

Pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten ini digelar di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, yang dihadiri Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Papua, unsur Forkompinda dan berbagai unsur lainnya, serta diikuti oleh atlet dari 19 distrik. Setidaknya ada 17 cabang Olahraga yang dipertandingkan dalam kegiatan event olahraga Kabupaten Jayapura itu.

Bupati Mathius Awoitauw mengatakan. kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten ini merupakan ajang untuk mencari bibit-bibit atlet terbaik yang bisa diandalkan baik mewakili Papua maupun Indonesia bahkan bisa berkiprah di dunia internasional.

  “Dasar dari pelaksanaan Porkab ini mengacu pada Undang-Undang Keolahragaan Nasional tahun 2005, dengan setiap penyelenggaraan kejuaraan olahraga yang dilaksanakan pemerintah, pemerintah daerah dan atau masyarakat wajib memperhatikan tujuan keolahragaan, serta prinsip kejuaraan keolahragaan, ” jelas Bupati Mathius Awoitauw, Minggu (10/7).

Kegiatan Porkab ini dilaksanakan selama 11 hari yaitu  mulai tanggal 8 sampai 18 Juli dengan 17 cabang olahraga yang dipertandingkan. Adapun kegiatan ini melibatkan  panitia pelaksana, wasit dan juri, official dan atlet total 2.500 orang.

Bupati Mathius Awoitauw mengatakan, kegiatan itu merupakan  suatu perhatian, atensi yang baik untuk menjaring atlet potensial di event olahraga terbesar di di Kabupaten Jayapura. Porkab ini juga merupakan  titik awal pembinaan atlet potensial dalam prestasi yang akan dihasilkan.

“Saya berharap melalui Porkab ini, kita dapat menjaring atau mengidentifikasi bibit atlet potensial untuk dibina, sehingga melalui sport, sains dan Iptek, mereka menjadi unggulan dan menuju prestasi puncak di masa depan,” harapnya.

Dirinya meminta event ini harus diselenggarakan untuk menyiapkan para atlet terbaik dari Bumi Khenambay Umbay, guna mengharumkan nama Papua dan Indonesia. Karena itu, dia juga meminta kepada pihak-pihak yang terlibat di dalam event ini supaya tetap menjaga sportivitas dalam bertanding.

Dia juga sangat optimis bahwa ke depan Kabupaten Jayapura akan menjadi gudang atlet-atlet potensial masa depan Papua. “Ini merupakan bagian dari bagaimana membina atlet, serta menjadikan industri dan kebangkitan olahraga di Kabupaten Jayapura dan Papua,” pungkasnya. (roy/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *