Dukung Kongres AMAN, 250 Ribu Bibit Mujair Dibagikan

Wakil bupati Jayapura, Giri Wijayantoro saat menabur benih ikan mujair di kampung Hobong, Sabtu (9/7). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura mulai melakukan pembagian benih ikan mujair kepada sejumlah keluarga di 4 Distrik Kabupaten Jayapura,  sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) yang akan diselenggarakan pada Oktober tahun ini.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura,  Rudi Saragih mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 250.000 bibit ikan mujair dan sudah mulai dibagikan ke rumah-rumah warga yang akan dijadikan sebagai tempat tinggal sementara tamu-tamu yang akan hadir pada saat penyelenggaraan Kongres AMAN pada Oktober nanti.

“Target yang kita bagikan itu sebanyak 250.000 di 4 distrik yang menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan,” kata Rudi Saragih, Sabtu (9/7).

Dia mengatakan,  penyerahan bibit-bibit ikan mujair itu untuk mendukung ketersediaan ikan bagi tamu-tamu yang akan menghadiri kegiatan Kongres AMAN.  Hal ini juga sebagai tindak lanjut dari arahan Kepala daerah kabupaten Jayapura,  Mathius Awoitauw, yang meminta kepada setiap organisasi perangkat daerah untuk mendukung pelaksanaan Kongres AMAN.

“Sesuai dengan perintah ketua umum harus disukseskan dan kami Dinas Perikanan dan Kelautan mempersiapkan terutama di tempat-tempat akomodasi penginapan para peserta Kongres,” katanya.

Ada 8 titik tempat penginapan dari para tamu yang tersebar di distrik Sentani, Sentani Timur, Waibhu dan Ebungfau. Karena itu dimulai pada Agustus ini pihaknya sudah mulai melakukan pendropingan bibit atau benih ikan tersebut ke sejumlah tempat penginapan para tamu tersebut.  Selain ikan pihaknya juga membagi pakan dan waring ikan.

“Sudah kita mulai kemarin ada 20.000 bibit ikan termasuk juga kita serahkan coolbox untuk tempat penyimpanan ikan, “ujarnya.(roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *