Mulai Latihan di Kampung Harapan

Pemain Persipura saat menjalani latihan di lapangan pemanasan di kompleks Stadion Lukas Enembe di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Kamis (7/7). (Erick/Cepos)

*Manajer Persipura Apresiasi Dukungan Gubernur Papua

JAYAPURA-Setelah tiga hari menggelar latihan di Stadion Mahacandra Universitas Cenderawasih (Uncen) Kampus Waena, sejak Kamis (7/7) kemarin Persipura Jayapura mulai menggelar latihan di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura tepatnya di kompleks Stadion Papua Bangkit.

Latihan yang digelar kemarin, dipimpin langsung pelatih kepala Persipura, Ricky Nelson dan dikuti 32 orang pemain.

Sebagaimana diberitakan sebelum, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., sudah memberikan lampu hijau kepada tim Mutiara Hitam julukan Persipura untuk menggunakan Stadion Lukas Enembe.

Terkait dukungan dari orang nomor satu di Provinsi Papua tersebut, Manajer Persipura Jayapura, Yan Permenas Mandenas memberikan apresiasi kepada Gubernur Papua Lukas Enembe yang telah mengizinkan penggunaan Stadion Lukas Enembe sebagai home base Persipura selama pelaksanaan Kompetisi Liga Indonesia 2 musim 2022/2023 .

Manajer yang juga anggota Komisi I DPR RI itu mengaku sangat bangga dengan keputusan Gubernur Lukas Enembe dengan respon cepat memberikan izin kepada skuad Mutiara Hitam

“Kita berikan apresiasi dan terima kasih kepada Pak Gubernur atas respon baik terhadap surat yang kami kirim melalui Dinas Olahraga dan Pemuda Papua terkait dengan penggunaan dan pemanfaatan Stadion Lukas Enembe sebagai home base Persipura,” ujar Mandenas, Kamis (7/7).

Mandenas mengaku sejak awal ditunjuk sebagai manajer Persipura, dirinya  sudah memiliki rencana untuk bekerja sama dengan pengelola Stadion Lukas Enembe sebagai home base timnya.

Menurutnya stadion dengan kapasitas 40.263 penonton itu menjadi simbol kebanggaan masyarakat Papua sehingga bisa dioptimalkan pemanfaatan dalam rangka mendukung prestasi olahraga Papua khususnya dan Indonesia umumnya.

“Kerja sama yang dilakukan sesuai dengan Perda yang mereka miliki dalam bentuk kerja sama dalam rangka peningkatan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk menunjang pemeliharaan venue. Sejumlah kesepakatan sudah kami setujui salah satunya adalah pembagian keuntungan dari penjualan tiket dan lain-lain,” tambahnya.

Pihak Dinas Olahraga dan Pemuda Papua dijelaskannya melalui petunjuk Gubernur Papua Lukas Enembe memberikan fasilitas penunjang berupa wisma atlet, tempat pertandingan serta tempat latihan yang berada di Stadion Utama Lukas Enembe.

“Kami diberi 16 kamar secara gratis dari kebutuhan 25 kamar. Kemudian ruang rapat, ruang medis, gudang, fasilitas latihan hingga tempat pertandingan. Bagi kami ini sudah lebih dari cukup. Kami atas nama manajemen Persipura sangat berterimakasih kepada Pak Gubernur,” jelasnya

Sementara itu, pelatih kepala Persipura Jayapura, Ricky Nelson mengaku terpukau dengan kemegahan Stadion Lukas Enembe. Terlebih lagi, mereka akan menggunakan Stadion Lukas Enembe sebagai home base mereka musim ini.

Mantan pelatih Borneo FC dan Sulut United itu juga mengatakan, berada di kawasan Stadion Lukas Enembe berasa berada di negara lain. Ia pun bersyukur, Gubernur Papua bisa mengizinkan tim-nya menggunakan Stadion Lukas Enembe sebagai markas mereka pada Liga 2 musim ini.

“Saya sangat bersyukur, dan ini seperti kita berada di negara luar. Bagus sekali. Ini harus dipakai dan ini menjadi aset bagus. Kita bersyukur bisa dapat kesempatan ini dan semoga ini bisa menambah semangat kita,” ungkap coach Ricky kepada Cenderawasih Pos ketika ditemui di Stadion Lukas Enembe, Kamis (7/7).

Dia juga mengatakan memakai Stadion Lukas Enembe beserta dengan Wisma Atlet yang juga berada dalam satu kawasan membuat mereka kian bersemangat untuk melakukan persiapan. Begitupun ketika kompetisi sudah mulai bergulir.

“Ini kesempatan yang luar biasa, kita juga dapat wisma yang dekat dari tempat latihan dan Stadion. Kita tinggal jalan kaki dari wisma saja, dan pulang juga jalan kaki sehingga koordinasi lebih bagus, anak-anak juga lebih terkontrol,” ujarnya.

Senada dengan itu, pemain senior Persipura Jayapura, Yustinus Pae mengaku bangga bisa menggunakan Stadion Lukas Enembe sebagai tempat latihan dan tempat bertanding mereka. Ia berharap, kesempatan tersebut bisa memacu semangat mereka untuk bisa kembali bangkit.

“Stadion yang sangat bagus, dan ini kesempatan yang baik untuk kita bisa menggunakan stadion ini sebagai tempat latihan dan bertanding. Semoga ini bisa menjadi motivasi untuk kita bangkit. Dan terima kasih kepada Bapak Gubernur,” pungkasnya. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *