Pemerintah Jangan Hanya Fokus Pembangunan, Lupa Manusianya

Maiton Gurik. (Noel/Cepos)

JAYAPURA – Penulis dan Ceo Founder Lembaga Riset Ekonomi Politik (Lempar) Papua Maiton Gurik mengatakan, pemerintah harusnya fokus selesaikan persoalan kemanusiaan yang belum tuntas di Papua bukan malah fokus pembangunan.
Gurik mengkritik Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat dengan beberapa hal ia menilai baiknya kegiatan pemerintahan yang tidak substansi dan seremonial dihentikan dan upayakan fokus soal kemanusiaan di daerah konflik.
“Untuk pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat, kegiatan yang sifatnya meramaikan dan euforia lebih baik berhenti dulu,” Kata Maiton Sabtu (6/110) di Jayapura.
Dia mengatakan, Pemerintah harus fokus selesaikan konflik di beberapa daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat yang sampai saat ini belum jelas penagananya.
“Jangan fokus kita di kegiatan seremonial baru lupa persoalan mendasar yang menjadi penyakit bagi negara ini, Kita fokus, selesaikan konflik yang berkepanjangan di Kiwirok, Sugapa dan beberapa daerah di Papua dan Papua Barat,” ujarnya.
Menurutnya, pembangunan itu penting tapi yang lebih penting manusianya selaku subjek pembangunan.“Subyek dari pembangunannya ditembak mati (manusia) lalu siapa yang mau menempati gedung-gedung dibangun itu,” tuturnya.
Dikatakan, logika pemerintah yang penting bangun fisik, buat laporan dan selesai. Lalu abaikan manusianya, kok pemerintah tidak miliki tangungjawab moral.
“Pemerintah yang penting bangun fisik, buat laporan dan selesai. Lalu abaikan manusianya ini cara berpikir pemerintah yang tidak bertanggung jawab, pemerihtah harus punya perikemanusiaan,” Ujarnya, (oel).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.