Bupati Keerom Usulkan Pendirian PLBN di Waris

Bupati Keerom Piter Gusbager, S.Hut., MUP. (Erik / Cepos)

KEEROM – Bupati Keerom, Piter Gusbager, S.Hut., MUP., mengusulkan ke pemerintah pusat untuk mendirikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua. Hal itu guna mewujudkan wilayahnya menjadi halaman depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini (PNG).
“Kita juga berbicara bagaimana Kabupaten Keerom dapat memposisikan diri sebagai halaman negara, tidak hanya untuk kepentingan Keerom, tapi juga untuk kepentingan Indonesia dan kepentingan secara umum,” kata Piter saat memaparkan program di acara Indonesia Visionary Leader (IVL) XI di Gedung Sindo, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (23/6).
Orang nomor satu di Kabupaten Keerom itu menambahkan, jika Kabupaten Keerom berbatasan langsung dengan negara tetangga PNG. Sebab itu, PLBN dinilai sangat penting.
“Sehingga Keerom benar-benar halaman depan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dari panjang batas darat negara ini kita memiliki 5 cek poin dan satu cek poin yaitu distrik Waris sedang kami usulkan sebagai PLBN dalam usulan kami ke Pemerintah Pusat,” ujarnya.
Lebih lanjut, Bupati Gusbager mengatakan, nantinya akan ada 4 PLBN di batas darat negara dengan PNG.
“Sehingga di garis tengah setelah ada PLBN Skouw akan ada PLBN Waris dan usulan dari pemerintah pegunungan bintang PLBN di Oksibil. Jadi akan ada beberapa sampai dengan Sota di Kabupaten Merauke. Kalau PLBN ini sukses maka akan seluruh batas darat negara ini akan memiliki 4 PLBN,” pungkasnya. (eri/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *