Pemerintah Distrik dan Disdukcapil  Sosialisasikan Pendataan Penduduk Pasif

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi pendataan penduduk pasif di Kelurahan dan kampung yang ada di wilayah distrik Sentani bertempat di Kelurahan Dobonsolo Kamis 23/6 kemarin. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Pemerintah Distrik Sentani melakukan kegiatan sosialisasi pendataan penduduk pasif yang ada di kampung dan kelurahan yang ada di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Kegiatan sosialisasi ini dimulai  di Kelurahan Dobonsolo,  Kamis (23/6).

Kepala Distrik Sentani Marsuki Ambo mengatakan, pihaknya bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayapura melakukan kegiatan sosialisasi pendataan data pasif penduduk yang ada di Wilayah Distrik Sentani,  khususnya yang ada di Kelurahan Dobonsolo.

“Kami juga turun ini dalam rangka melihat kondisi lingkungan RT RW yang ada di masing-masing wilayah,”ujar Marsuki Ambo, Kamis (23/6).

Menurutnya,  secara nyata berdasarkan pengamatannya sejauh ini,  banyak tanggung jawab di kelurahan yang melimpahkan kemenangan ke setiap RT tetapi RT kemudian tidak menjalankan tugasnya sesuai dengan harapan pemerintah yang ada di atasnya.

“Padahal kalau kita lihat menyangkut tanggung jawab ini,  contoh untuk pengambilan data itu kan harus diambil dari bawah.  RT RW menyusun data-data entah itu data penduduk,  data pendidikan,  data kesehatan termasuk infrastruktur itu harus ada datanya di tingkat RT,”ujarnya.

Sehingga selanjutnya data-data ini dikumpulkan dan direkapitulasi di tingkat kelurahan dan kemudian dilaporkan ke tingkat distrik.  Sehingga secara kumulatif Distrik Sentani yang terdiri dari 7 Kampung dan 3 kelurahan itu memiliki data lengkap.

Dalam kegiatan sosialisasi itu juga terkait tanggung jawab RT RW yang ada di tingkat kelurahan , dimana mereka bekerja tidak mempunyai legalitas hukum. Oleh sebab itu dengan keberadaan pemerintah distrik turun ke lapangan,  juga untuk menertibkan hal tersebut.(roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *