Tampung Anak Jalanan di Rumah Rehabilitasi

Itje Hamadi .(Yohana/Cepos)

JAYAPURA-Dinas Sosial Kota Jayapura berharap dapat mendirikan tempat rehabilitasi untuk menampung anak-anak jalanan yang masih berkeliaran di Kota Jayapura. Sebab, menurut Kabid Rehabilitasi Dinas Sosial Kota Jayapura, Itje Hamadi, jumlah anak jalanan di Kota Jayapura terus bertambah. Salah satu faktornya, karena kurang mendapat perhatian dari orang tua, sehingga anak banyak mencari kenyamanan di luar rumah.
“Kebanyakan dari anak-anak jalanan di Kota Jayapura, mereka memiliki keluarga, tetapi untuk tinggal di dalam lingkungan keluarga mereka tidak nyaman, entah itu kondisi ekonomi keluarga yang rendah, orang tua bercerai, mendapat tekanan dari keluarga, ikut-ikutan, ada banyak alasan yang sering kita dijumpai,” kata Itje kepada Cenderawasih Pos, Rabu (22/6) kemarin.
Menyikapi hal tersebut, Dinas Sosial Kota Jayapura terus melakukan pendekatan kepada anak-anak jalanan di Kota Jayapura, selain memberikan edukasi kepada mereka agar mau pulang ke rumah, Dinsos juga mengimbau mereka untuk tidak menggunakan zat-zat berbahaya seperti Lem Aibon, Rokok, Miras dan sebagainya.
“Kerinduan kami dari Dinas Sosial adalah menyediakan rumah rehabilitasi bagi anak-anak jalanan, memang sudah ada tetapi masih dalam proses,” tambahnya.
Lanjutnya, untuk anak-anak jalanan ini, yang punya orang tua kebanyakan mereka tetap pulang ke keluarga, tetapi yang tidak punya orang tua biasanya mereka akan memilih tinggal di lingkungan yang mereka rasa nyaman.
Diakuinya, Dinas Sosial akan terus berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada anak-anak jalanan. Selain itu, juga mengimbau masyarakat untuk tidak boleh memberikan uang tunai kepada anak-anak jalanan secara langsung, tetapi lebih baik dalam bentuk makanan, atau sebagainya. “Karena yang kami takutkan jika anak-anak jalanan diberikan uang, kadang disalahgunakan, membeli rokok, lem aibon atau sejenisnya,” terangnya. (ana/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *