Semua Penumpang Pesawat Susi Air Selamat

Proses evakuasi korban selamat jatuhnya pesawat Susi Air

TIMIKA – Seluruh penumpang termasuk pilot pesawat Susi Air PK BVM yang mengalami kecelakaan dalam penerbangan dari Duma tujuan Timika pada Kamis (23/6/2022) ditemukan dalam kondisi selamat.

Proses evakuasi sudah dilakukan oleh tim SAR. Lima penumpang termasuk pilot dievakuasi ke RSUD Mimika. Sementara dua penumpang lainnya bertahan di Duma..

Kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George Mercy Randang mengatakan dua penumpang karena merupakan warga setempat jadi tidak bersedia dievakuasi ke Timika dan memilih bertahan karena dalam kondisi baik.

Sementara itu, Danlanud Yohanis Kapiyau, Letkol Pnb Slamet Suhartono menjelaskan proses evakuasi para korban berjalan lancar karena bantuan masyarakat setempat yang terlebih dahulu membawa korban ke tempat yang lebih mudah dijangkau.

“Lokasi itu, bisa kita daratkan helikopter tanpa harus menggunakan tali dalam penyelamatan itu. Semua korban dalam keadaan selamat, dan sadar. Walaupun ada yang luka-luka tapi semua sudah dievakuasi ke rumah sakit untuk penanganan medis,” kata Letkol Slamet.

Kemudian Danlanal juga mengatakan bahwa dari keterangan sementara pilot, bahwa pesawat Susi Air PK BVM itu mengalami kecelakaan saat dari Duma kembali ke Bandara Mozes Kilangin.

Sementara Mayor Pnb Adam Hardiman yang merupakan pilot helikopter Caracal yang digunakan untuk proses evakuasi para korban mengatakan saat proses evakuasi, cuaca yang lokasi kejadian cukup cerah.

“Disana (Lokasi kejadian) relatif aman, dan masyarakat sangat membantu dalam proses evakuasi. Untuk kondisi geografis di lokasi sana memang pegunungan  dan letaknya di sekitar sungai. Tapi proses evakuasi berjalan cukup baik,” ungkapnya.

Adapun penumpang Pesawat Susi Air PK BVM, yakni Capt Doye Peter sebagai pilot dengan membawa 6 orang penumpang yakni Lukas Dimpau, Seru Warkus Diabelu, Leo Pimpiau, Ficken Dimpau, dan Melina Dimpau.

Pesawat dilaporkan jatuh pada koordinat 04°02’54.00″S/136°43’06.00″E pada Kamis (23/6/2022) sekitar pukul 06.00 WIT.(sel/luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *