Banmus 7 Wilayah Adat Siap Deklarasi Gotong Royong Kitorang Baku Bantu

Agustinus Donald Ohee, ST, Ketua Pelaksana Kegiatan Gotong Royong Kitorang Baku Bantu, (tengah) Anni Soro, Bendahara Kegiatan, (kanan) dan Sarlen LS. Ayatanoi, Sekertaris, (Kiri) saat memberikan keterangan pers, Rabu (22/6). (Karel/Cepos)

Siapkan 5000 Paket Sembako Murah
JAYAPURA-Badan Musyarawah 7 wilayah adat Papua (Saireri, Tabi, Meepago, Lapago, Domberai, Bomberai, Ha Anim) akan menyelenggarakan deklarasi gotong royong dengan tema Kitorang Baku Bantu yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 7 Juli 2022 mendatang di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura.
Ketua pelaksana Kegiatan Agustinus Donald Ohee, ST, mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap pemulihan ekonomi di Provinsi Papua. Menurutnya, kegiatan gotong royong oleh Badan Musyarawah 7 wilayah adat Papua tersebut mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua dengan menyiapkan 5000 paket sembako.
Ribuan paket sembako murah ini dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp 120 ribu/paket. Yang mana setiap paket berisi beras 10 kg, 2 liter minyak goreng, gula pasir 2 kg, 2 kaleng susu, 1 pack daun teh, dan 1 bungkus Kopi.
“Sistem penjualannya kita jual dalam bentuk kupon, kupon ini dijual secara edar di tiga wilayah yaitu wilayah Kota Jayapura, Keerom dan Kabupaten Jayapura,” terang Agustinus Donald Ohee, Rabu, (22/6)
Dikatakannya sistem pembelian tiket dapat di beli di Wilayah yang telah mereka siapkan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan pada saat pengambilan sembako pada hari pelaksanaan yang digelar di Satdion Lukas Enembe.
“Karena situasi masih pandemi, jadi hal ini kiranya sebagai upaya mencegah terjadinya penumpukan pada saat penukaran kupon untuk pengambilan sembako”, ucap ketua Panitia Pelaksana Kegiatan itu.
“Kenapa pakai KTP, agar sembako yang tersedia bisa dirasakan semua masyarakat karena satu KTP hanya boleh mendapatkan 2 kupon setiap orang”, lanjutnya.
Diapun berharap kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Sebab hal ini sangat memberikan dampak pada pemulihan ekonomi di Provinsi Papua. “Kita harapkan lewat deklarasi gotong royong Kitorang Baku Bantu ini bisa memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat di Provinsi Papua, ini merupakan dukungan dari pemerintah Provinsi Papua untuk peningkatan pemulihan ekonomi”, ucapnya.
Agustinus Donald Ohee juga mengungkapkan adanya kegiatan gotong royong ini untuk menggerakan ekonomi di Papua, sehingga persoalan yang terjadi selama masa pandemi dapat kembali meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Papua. Dikatakannya kegiatan gotong royong seperti itu juga akan dicanangkan di 5 wilayah diantaranya di Wamena, Merauke, Nabire, Timika, dan Biak.
“Rencananya setelah deklarasi di Stadion Lukas Enembe nanti, akan dilanjutkan di beberapa wilayah tersebut tentu dengan adanya dukungan dari semua komponen”, ucapnya.

Dikatakannya dalam pembagian sembako ini tidak ada kekhususan, semua orang bisa membeli kupon sembako, karena hal ini semata-mata untuk membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.
“Tidak ada kepentingan politik pada pembagian sembako murah ini, karena semua orang pasti mengalami dampak selama pandemi, sehingga dengan adanya kegiatan ini tentu bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarkat”, tandasnya.
Selain pembagian sembako murah pada kegiatan deklarasi gotong royong tersebut akan ada pasar murah lainnya yang dijualkan oleh pelaku UKM. “Selain pasar murah nantinya akan ada juga panggung hiburan yang akan dilaksanakan selama 3 hari berturut turut”, ucap Agustinus Donald Ohee. (CR-267/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *