OPD Komitmen dan Termotivasi Munculkan Inovasi Baru

Sekda Hanna Hikoyabi. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura Hanna Hikoyabi menegaskan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Jayapura supaya mempunyai komitmen dan termotivasi memunculkan inovasi-inovasi baru di masing-masing OPD, terutama terkait dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
“Setiap OPD harus punya inovasi, sehingga ada perubahan yang terjadi setelah inovasi di setiap perangkat daerah ini kita galakkan,” kata Sekda Hanna Hikoyabi.
Menurutnya, kewajiban setiap OPD membuat inovasi merupakan suatu langkah atau terobosan yang patut didukung secara penuh. Setiap perangkat daerah sejauh ini telah diberikan kemampuan untuk bekerja lebih efektif, efisien dan akuntabel dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Memang sudah ada beberapa OPD yang memiliki inovasi. Hanya saja masih berjalan sendiri-sendiri dan ke depan perlu ada kolaborasi bersama.
“Seperti di bidang perekonomian mulai dari perkebunan, pertanian, perikanan sejauh ini masih berjalan sendiri-sendiri. Belum bekerja maksimal dan bersinergi supaya mendorong suatu kegiatan menuju satu output yang jelas,”ujarnya.
Dia mencontohkan, pengelolaan tanaman kakao di Kabupaten Jayapura, mulai dari penananaman itu dilakukan oleh Dinas Perkebunan, sedangkan pemasaranya bisa kolaborasikan dengan Disperindag atau Koperasi dan UKM. Kemudian tugas untuk melatih atau mengembangkan keahlian petani ini juga harus dikolaborasikan. Oleh karena itu memang sangat dibutuhkan sinergi antara dinas terkait.”Jadi harus dibuatkan kerjasama yang intensif supaya semuanya bisa berjalan,” ujarnya.
Lanjutnya, kalau tidak pernah ada kolaborasi antara OPD untuk mengembangkan sebuah inovasi yang bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah Kabupaten Jayapura, maka sampai kapanpun ketika anggaran pemerintah datang maka masing-masing perangkat daerah cenderung hanya menghabiskan anggaran.
Diakuinya, sejauh ini ada beberapa inovasi dikembangkan, namun itu tidak bertahan lama. Sepanjang tidak adanya sinergitas antara perangkat daerah, selamanya program kerja yang dilakukan hanya cenderung menghabiskan anggaran dan tidak ada hasil. “Untuk itu kita dorong OPD harus bekerja. Harus bersinergi supaya bisa menghasilkan satu output yang jelas,”tandasnya.(roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *