FK Uncen Luluskan 900 Lebih Dokter Untuk Papua

dr. Trajanus Laurens Jembise, Sp.B (Yohana/Cepos)

JAYAPURA-Sejak  berdiri tahun 2002, Program Studi Kedokteran  berubah menjadi Fakultas Kedokteran  pada tahun 2009 sekaligus meluluskan tamatan pertama pada tahun 2009. Selama 20 tahun berdiri ini, Fakultas kedokteran sudah meluluskan ratusan dokter muda untuk Papua, bahkan sebagian juga telah melanjutkan pendidikan dokter spesialis.

   Dekan Fakultas Kedokteran,  dr. Trajanus Laurens Jembise, Sp.B mengatakan, Fakultas Kedokteran dalam perkembangannya, berkembang jadi 4 Prodi, yaitu Prodi sarjana kedokteran,  Profesi dokter, Prodi Ilmu Pendidikan Keperawatan dan Profesi Ners.

  Sementara akreditasi Fakultas Kedokteran sendiri pada tahun 2013 akreditasi C, dan tahun 2017 akreditasi B. Akreditasi ini sangat penting karena akreditasi ini menjadi keterangan bagi masyarakat bahwa proses pendidikan, proses penerimaan mahasiswa yang terjadi sudah sesuai dengan standar-standar kesehatan.

  Dari tahun 2009 – 2022 pihaknya sudah menamatkan kurang lebih 900 dokter, dimana Dekan pertama menghasilkan 200 dokter, sementara dirinya dari tahun 2015 -2022 menghasilkan 856 dokter.

  “Artinya, 856 Dokter yang dihasilkan ini kalau digunakan, dengan baik akan lebih baik, kami Uncen hanya bertugas menciptakan SDM, sementara penyerapan tenaga dokter  bukan urusan kami, ini urusannya Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kota/kab, bahkan Kementrian Kesehatan,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (17/6) kemarin.

  Dokter Trajanus menjamin t  Fakultas Kedokteran Uncen, menamatkan SDM yang  bermutu, bisa digunakan dan juga bisa menyelamatkan masyarakat. Sebab, setiap lulusan kedokteran dari Uncen sudah sesuai dengan standar yang ditentukan. Menurutnya untuk masuk di Fakultas Kedokteran saja harus ada standarnya, karena pada akhirnya untuk menjadi seorang dokter harus ada ujian kompetensi.

  “Kuliah di Kedokteran itu paling lama, yakni selain untuk dapat sarjana kedokteran 5 tahun pendidikannya, harus ikut ujian kompetensi 2 tahun pendidikannya barulah mengikuti ujian negara jadi total 7 tahun,” tambahnya.

  Lanjutnya, dengan demikian pihaknya pastikan bahwa tamatan Kedokteran Uncen merupakan lulusan yang bermutu dan siap ditempatkan dimana saja. (ana/cr-268/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *