Uncen  Usulkan Gubernur Enembe Raih Gelar Doktor Honoris Causa 

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., foto bersama Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT., dan Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, M.B.A. di kampus Uncen Waena, Senin (13/6). (Noel/Cepos)

JAYAPURA-Universitas Cendrawasih (Uncen) berencana mengusulkan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP., MH., mendapatkan gelar doktor honoris causa.
Pengusulan gelar ini didasari deretan prestasi dan keputusan yang dinilai unik yang berhasil ditorehkan Lukas Enembe selama menjabat sebagai Bupati Puncak Jaya hingga Gubernur Papua dua Periode sampai saat ini.
Direktur Program Pasca Sarjana Uncen, Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS., mengatakan bahwa secara pribadi pihaknya sudah mengamati Lukas Enembe sejak tahun 2007 hingga saat ini. Dimana, sejak memimpin Kabupaten Puncak Jaya hingga Provinsi Papua ada banyak prestasi yang bisa ditelaah secara akademik maupun jasa sosial kemasyarakatan dan pembangunan.
“Contoh terakhir yaitu hadirnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Belum lagi prestasi lainnya seperti di bidang sosial kemasyarakatan yang membuat kami terobsesi memberikan gelar doktor honoris causa kepada Gubernur Papua,” bebernya.
Dia juga mengatakan ada beberapa langkah kebijakan yang diambil oleh Gubernur Enembe yang kadang dilihat unik dengan berbagai persoalan yang ada di Papua.
“Ada beberapa kebijakan yang kami lihat sangat unik dan ini dilakukan dalam masa kepemimpinannya selama menjadi bupati sampai dengan gubernur saat ini,” bebernya.
Meski begitu, Akbar Silo mengaku tak serta merta mengusulkan begitu saja, tapi harus ada referensi dari masyarakat, seperti tokoh gereja, pendidikan, adat dan lainnya.
“Kami akan minta biodata lengkap Gubernur Enembe beserta catatan prestasi beliau, serta meminta pandangan dari para tokoh,” tambahnya.
Diakuinya, untuk saat ini baru pada tahap rencana pengusulan dan jika prosesnya lancar serta memenuhi persyaratan, akan dilihat juga dengan orasi ilmiah secara akademik dari Gubernur Enembe.
“Kami akan menlanjutkan hingga Gubernur Lukas Enembe bisa menyampaikan orasi ilmiah secara akademik,” katanya.
Terkait dengan rencana pengusulan ini, Akbar Silo mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi secara kelembagaan mulai dari program doktornya dan koordinasi dengan FISIP Uncen agar mereka bersepakat untuk diusulkan melalui Rektor yang kemudian dipertimbangkan oleh Senat. “Apabila disetujui akan diteruskan ke menteri,” tutupnya.
Sementara itu Gubernur Lukas Enembe dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas inisiatif Universitas Cendrawasih untuk memberi dirinya gelar tersebut.
“Untuk penghargaan yang kampus ini mau usulkan untuk saya dapat, itu saya sampaikan terima kasih. Karena itu menjadi kebanggaan bagi saya dan keluarga semoga ini berkenan,” tutupnya.(oel/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *