Wabup Apresiasi Pengembangan Bandeng Ala Untung Sangaji   

Wakil  Bupati H. Riduwan, S.Sos, M.Pd, Ketua DPRD Merauke, Ir. Drs. Benjamin Latumahuina dan  Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji saat mancing bersama dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke-76 di tambak bandeng miliki Untung Sangaji, Sabtu (11/6)   

MERAUKE– Wakil Bupati (Wabup) Merauke H. Riduwan, S.Sos, M.Pd, memberikan apresiasi atas pengembangan ikan bandeng yang dilakukan oleh AKBP. Ir. Untung Sangaji, M.Hum, Kapolres Merauke. Pasalnya, selama ini pengembangan ikan bandeng di Merauke  tersebut belum pernah dilakukan dengan alasan bahwa PH air di Merauke cukup tinggi sehingga tidak cocok untuk pengambangan ikan bandeng.

Namun di tangan Untung Sangaji, ternyata ikan bandeng tersebut dapat dikembangkan. Apresiasi ini disampaikan  Wabup Riduwan, saat pancing bersama di kolam pengembangan ikan Untung Sangaji dalam rangka HUT Bhayangkara  ke-76 tersebut, Sabtu (11/6). Diketahui, di belakang tower pemancar LPPP RRI Merauke di Kelapa Lima Merauke itu, Kapolres membuat beberapa kolam dan menaburkan sekitar 65.000 bibit ikan bandeng dan bawal, 2021 lalu. Alhasil, dalam jangka waktu beberapa bulan, ikan bandeng dan bawal tersebut sudah besar. ‘’Masyarakat  juga bisa meniru bahwa ini lho salah satu peluang dunia usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Dan ini percontohan,’’ katanya.

Pemkab,lanjut Wabup Riduwan mengaku sangat mendukung pengembangan ikan bandeng di Merauke tersebut. Karena selama ini, ikan bandeng yang beredar dari Merauke adalah bandeng dari luar Merauke yang sudah dibekukan. ‘’Tentunya, kita Pemkab siap berkolaborasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat untuk dapat membuat tambak-tambah seperti ini dalam mengembangkan bandeng ini, dimana pembiayannya nanti dari  pemerintah daerah,’’ kata  Wabup Riduwan.

Dukungan yang sama  disampaikan Ketua DPR Kabupaten Merauke Ir. Drs Benjamin Latumahina. ‘’Ini gagasan yang sangat bagus sekaligus pembelajaran bagi yang lainnya. Bahwa ketika ada niat dan bisa dicoba tidak ada hal yang tidak mungkin,’’ jelasnya.  Benjamin Latumahina menilai bahwa tambak ikan bandeng seperti ini belum ada di Merauke.

‘’Kalau kita di Merauke PH air memang kurang cocok. Tapi bagaimana PH itu dibuat normal supaya ikan bisa hidup. Ini satu hal yang dilakukan Kapolres cukup baik sehingga kolam-kolam yang ada di sini ikannya bagus semua,’’ jelasnya. Ditambahkan Benjamin Latumahina, jika ada masyarakat yang ingin mengembangkan ikan bandeng dan bawal tersebut bisa belajar ke AKBP Ir. Untung Sangaji. Hadir untuk mancing bersama itu, Selain Wabup dan Ketua DPR Merauke juga Danrem 174/ATW Brigjen TNI Evi Reza Pahlevi, Danlanud Kolonel Pnb Ferry Yunaldi, SE, dan para anggota Polres Merauke.  Semua hasil pancing dibawa pulang peserta mancing bersama. (ulo/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *