Siap Bantu Pemerintah Atasi Masalah  Stunting

dr. Hj. Jumilarita, SpA.M.Kes. (Yohana/Cepos)

JAYAPURA-Ikatan Keluarga Wanita (IWK) Bone Provinsi Papua  siap membantu Pemprov Papua dalam hal pemberdayaan Ibu dan Anak dalam menghadapi permasalahan stunting. Dimana penanangan masalah stunting di Provinsi Papua, akan menjadi salah satu program kerja IWK Bone Provinsi Papua.

  Ketua DPP IWK Bone Provinsi Papua dan juga sebagai dokter Specialis Anak di Kota Jayapura dr. Hj. Jumilarita, SpA.M.Kes, menjelaskan bahwa sebagai langkah awal yang akan dilakukan IWK dalam membantu pemerintah adalah bagaimana pihaknya dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan stunting.

   Menurutnya, Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

  “Kami akan melakukan sosialisasi ke tingkat-tingkat kabupaten/kota melalui pilar-pilar IWK Bone yang akan kita bentuk melalui setiap kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (11/6) lalu.

  Menurutnya, stunting merupakan standar ukur bagaimana pemenuhan gizi bagi setiap anak, nantinya dari situlah akan mempengaruhi SDM kedepannya.”Kesehatan anak itu dimulai dari saat ibu mengandung sampai dengan melahirkan, zat gizi yang diperlukan seorang anak itu harus dipenuhi dengan baik, untuk mencegah terjadinya stunting,” jelasnya.

  Dirinya menilai, sangat diperlukannya sosialisasi bagi masyarakat, khususnya para ibu yang ada di setiap kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua, agar dapat memperhatikan nilai gizi bagi anak-anak. “Karena anak merupakan penerus kedepannya, penentu SDM Papua kedepannya, untuk pembangunan Papua lebih baik kedepannya,” tambahnya. (ana/cr-268/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *