Kapolresta: Duta Kamtibmas Jadi Sanksi Sosial

AKBP Victor Dean Mackbon. (Yohana/Cepos)

JAYAPURA-Kapolresta Jayapura Kota AKBP Victor Dean Mackbon menjelaskan, setelah dirinya menjadi Kapolresta Kota Jayapura, dirinya melihat bahwa tindakan-tindakan kriminalitas cukup tinggi terjadi di Kota Jayapura.

  “Tentunya kita harus mengambil langkah strategis, untuk menekan angka kriminalitas tersebut, di sini kita melihat ada dua pola, yaitu pola penegakan hukum dan pola pencegahan orang melakukan tindakan kriminalitas,” terangnya kepada Cenderawasih Pos, Kamis (9/6) kemarin.

  Pihaknya lebih mengedepankan pola pencegahan, karena di dalam penegakan pencegahan hukum, pihaknya juga melakukan tindakan-tindakan melalui mekanisme secara formal.

  Karena jika menggunakan hukum yang formal, takutnya akan membawah dampak yang mana belum tentu para pelakunya jera. Selain itu tahanan akan menjadi penuh dan jumlah tahanan belum sebanding dengan biaya yang dibutuhkan.

  “Kita melakukan strategi yaitu memberi efek jera bagi para pelalu kejahatan, tidak melalui hukum formal tetapi dengan memberikan sanksi sosial, karena dilihat masyarakat ketika diberikan sanksi sosial lebih paham dan mau merubah perbuatanya,” jelasnya.

  Berdasarkan pertimbangan tersebut, pihaknya membentuk duta kamtibmas, ini juga sudah pernah pihaknya terapkan di Sentani, dan hasilnya cukup berefek bagi masyarakat khususnya bagi pelaku kejahatan.

  “Disini tidak hanya polisi saja yang menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, tetapi juga melibatkan pelaku-pelaku kejahatan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, karena mereka yang telah melakukan kejahatan tersebut, dengan demikian dalam penyampaian pesan kepada masyarakat, mereka juga ikut merasakan penyesalan atas perbuatanya dan punya efek jera,” tambahnya. (ana/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *