Enam Calon Penumpang KM Labobar Diamankan

Enam calon penumpang KM Labobar saat diamankan karena kedapatan membawa ganja saat akan naik dari Pelabuhan Jayapura, Rabu (8/6). ((Humas Polresta))

JAYAPURA-Tim Gabungan Polsek KPL (Kawasan Pelabuhan Laut) Jayapura bersama Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polresta Jayapura Kota berhasil membekuk enam calon penumpang KM. Labobar yang membawa narkotika jenis ganja di area dermaga pelabuhan laut Jayapura, Rabu (8/6) sore.

  Penangkapan keenam calon penumpang tersebut dipimpin langsung Kanit Reskrim Polsek KPL Jayapura Ipda Wajedi, S.H., M.H didampingi Kanit Opsnal Sat Resnarkoba Polresta Aipda Dedes.

  Calon penumpang tersebut yakni, MP (23), NR (19), ZS (29), AB (33), AA (25) dan FD (17). Hanya saja keenamnya dibekuk dengan lokasi berbeda beda. Kapolsek KPL Jayapura AKP Rischard L. Rumboy saat dikonfirmasi via telepon selulernya (Kamis, 9/6) pagi)  menyampaikan bahwa menjadi rutinitas mengecek bawaan penumpang yang dicurigai.

   “Seperti biasa, saat penumpang turun dan naik kami selalu melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang dan sore hari kemarin terdapat enam calon penumpang yang didapati membawa ganja dengan tujuan Kabupaten Nabire,”  ujar Rumboy.

  Lebih lanjut kata AKP Rischard Rumboy, Penangkapan pertama dilakukan terhadap MP dimana didapati padanya barang bukti ganja yang dikemas dalam satu paket besar dengan dibungkus platban warna hitam dengan berat 210 gram.

   Beberapa waktu kemudian pelaku NR dibekuk bersama ganja sebanyak satu paket besar dibungkus dalam plastik hitam yang beratnya 250 gram.  Berikutnya ZS dengan barang bukti satu paket ganja di dalam plastik ukuran sedang ikut dibekuk lalu tak lama kemudian AB bersama satu paket ganja ukuran sedang didapati padanya.

   “Dari penangkapan keempat orang tersebut, kemudian didapati dua penumpang lainnya yakni AA bersama ganjanya sebanyak satu plastik ukuran kecil dan FD dengan barang bukti ganja yang dikemas dalam satu plastik ukuran besar dan tujuh plastik kliper ukuran kecil,” tambah Kapolsek.

   Kapolsek menambahkan, keenam pelaku tersebut langsung diserahkan ke Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba Polresta Jayapura Kota yang juga ada di TKP untuk dibawa ke Mapolresta. Di tempat terpisah, Iptu Alamsyah Ali, S.H., M.H selaku Kasat Resnarkoba Polresta Jayapura Kota membenarkan penyerahan keenam pelaku tersebut bersama barang bukti berupa ganja milik para pelaku masing-masing.

   “Ya benar, ada enam calon penumpang KM.Labobar yang tertangkap bawa ganja saat hendak naik ke kapal dan kini terhadap keenam orang tersebut akan dilakukan pengembangan melalui pemeriksaan lebih intensif dan juga proses hukum terhadap perbuatannya,” tutup Alamsah. (ade/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *