Empat Gedung Perawatan Baru RSUD Jayapura Belum Berfungsi

Salah satu gedung perawatan baru Jantung Terpadu RSUD Jayapura yang belum bisa dioperasikan karena Fasilitas dan Sarpras penunjang  belum dilengkapi sehingga berpengaruh terhadap pelayanan pasien, Rabu (8/6). (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Empat gedung  perawatan baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura sampai sekarang belum bisa difungsikan atau dioperasionalkan. Yakni Gedung Jantung terpadu, Gedung Tropikal Disease, Gedung baru Tengah dan Gedung MCC.

Belum dioperasikannya ke empat gedung perawatan baru ini karena kendala belum terpasangnya daya listrik, instalasi mesin hisap air hingga lantai empat, penyediaan instalasi Alat Pemadam Kebakaran dalam gedung (APAR) dan lainnya.

    Wadir Yanmed RSUD Jayapura dr. Andreas Pekey, Sp.Pd mengakui, sebagai rumah sakit rujukan Pemerintah Provinsi Papua, tentu pasien yang dirawat atau dirujuk ke RSUD Jayapura sangat banyak, karena dalam pelayanan kesehatan diberikan secara maksimal tidak peduli dari mana saja, beda dengan RS Swasta.

   Oleh karena itu, pihaknya meminta maaf kepada publik atau masyarakat jika selama ini dalam memberikan pelayanan tidak bisa maksimal, akibat kurangnya tempat dan gedung yang belum dioperasikan. Namun,  jika empat gedung itu sudah bisa dioperasikan tentu pelayanan dan penanganan terhadap pasien yang dirujuk atau dirawat di RSUD Jayapura bisa dilakukan secara maksimal .

  “Kami mohon maaf kepada publik jika sampai saat ini masih ada pasien yang kami rawat tidak ada ruangannya sampai kami rawat di ruang IGD, karena kami terkendala empat gedung baru untuk perawatan pasien belum bisa beroperasi karena sejumlah Sarpras belum terpasang atau dilengkapi walaupun sebagian alat kesehatan dan tempat tidur sudah ada,”katanya. saat ditemui  Cenderawasih Pos di ruang kerjanya, Rabu (8/6).

   Diakui, sejatinya untuk pengoperasian empat gedung rawat inap RSUD Jayapura bisa dioperasikan jika ada dana dari Pemprov Papua, tapi sayang karena ada pergeseran dana Otsus yang kini langsung diserahkan ke kabupaten/kota juga mempengarusi dana Otsus di Provinsi Papua.

   Oleh karena itu, jika selama ini ada kendala dalam memberikan pelayanan kepada pasien, mohon dimaafkan karena ini tidak ada unsur sengaja atau apapun. Karena RSUD Jayapura tipe B dan rumah sakit rujukan Pemerintah diharapkan pelayanan dan fasilitas lainnya bisa lebih dioptimalkan lagi. Kedepannya supaya RSUD Jayapura bisa lebih maju dan berkembang butuh dukungan semua pihak agar bisa menjadi RSUD Tipe A, seperti yang ada di luar Papua semua pelayanan kesehatan, tenaga medis, alat kesehatan, obat obatan, managemen dan lainnya bisa dipersiapkan dengan baik.(dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *