Delapan Pasien Bibir Sumbing Jalani Operasi Gratis di RS Bhayangkara 

Kombes. Pol. dr. Nariyana, Kabid Dokkes Polda Papua, bersama Wakil Karumkit RS Bayangkara Jayapura mengunjungi pasien Operasi Bibir Sumbing di Ruangan Bedah, RS Bhayangkara, Jayapura, Kamis (9/6) kemarin. (Karel/Cepos)

JAYAPURA-Dalam rangka menyambut hari ulang tahun Bhayangkara ke-76,   Rumah Sakit Bhayangkara kelas III Jayapura mengadakan kegiatan aksi sosial berupa operasi bibir sumbing secara gratis. Kabid Dokkes Polda Papua, Kombes. Pol. dr. Nariyana, mengatakan kegiatan aksi sosial tersebut sudah menjadi rutinitas RS Bhayangkara Jayapura setiap tahun, baik jelang HUT RS Bahyangkara, maupun menyambut hari ulang tahun Kepolisian Republik Indonesia.

  Jumlah pasien yang melakukan operasi bibir sumbing menjelang hari Bhayangkara ini sebanyak 8( delapan) pasien, 7 (tujuh) pasien dioperasi di RS Bhayangkara, sedangkan 1 (satu) pasien akan dioperasi di RS umum Dok II Jayapura

  Kombes Naryana mengatakan puncak kegiatan aksi sosial ini akan dilakukan pada tanggal 15 Juni mendatang. Namun khusus untuk operasi bibir sumbing sudah mulai dilakukan sejak Kamis (9/6) kemarin di Ruangan bedah Rumah Sakit Bahayangkara Jayapura.

  “Awalnya ada 9 pasien yang terdaftar untuk operasi bibir sumbing, namun yang lolos melakukan screening hanya 8 orang. Dan  Puncak dari pada kegiatan aksi sosial ini sebenarnya pada tanggal tanggal 15 juni mendatang, tetapi karena keterbatasan dokter bedah spesialis mulut di RS Bhayangkara, sehingga operasi bibir sumbing mulai dilakukan sejak hari ini (kemarin.red),” tutur Kabid Dokes Polda Papua, Kamis (9/6).

  Menurutnya, kegiatan aksi sosial oleh pihak RS Bhayangkara Jayapura tidak hanya operasi bibir sumbing, tetapi juga kegiatan aksi sosial lainnya. Diantaranya, vaksinasi massal, sunat masal, dan juga pengobatan gratis. Keempat kegiatan aksi sosial ini serentak dilaksanakan pada tanggal 15 juni mendatang di RS Bhayangkara.

   Tetapi untuk pelayanan pengobatan gratis, akan dilakukan di Kabupaten Keerom.  Untuk target  operasi bibir sumbing sebenarnya cukup banyak, namun sejak dibuka pendaftraan oleh pihak RS Bahyangkara pada bulan Februari lalu, hanya 9 pasien yang mendaftrkan diri di RS Bahyangkara. “Kegiatan  ini untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan pengobatan, khususnya operasi bibir sumbing, namun terkendala biaya,”ujarnya.

   Selain itu Kombes. Pol Naryana Juga mengatakan Rumah Sakit Bhayangkara Jayapura hingga saat ini masih buka layanan Vaksinasi Gratis, baik vaksin ke satu, kedua maupun boster (vaksin ketiga). Pelayanan vaksinasi  masal masifnya dibuka  sejak tanggal 1 Juni-31 Juni. Pelayanan setiap hari Senin-Jumat, dan operasional pelayanan buka pukul 09.00-13.00 WIT di RS Bhayangkara Jayapura.

   “Bagi masyarakat yang belum  divaksin, silahkan datang ke RS Bahanykara. Dengan senang hati kami akan melayani masyarakat pada umumnya, hal ini kami lakukan demi meningkatkan imunity tubuh, sehingga perosalan pandemi bisa ditekan menurun”, ujar Kombes Pol Naryana. (CR-267/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *