Grebek Sampah, DLH Temukan Banyak Sampah Plastik di Yahim

Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura ketika melakukan grebek sampah di Wilayah Yahim, Distrik Dobonsolo, Kabupaten Jayapura, Rabu (8/6). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Dinas  Lingkungan Hidup (dlh) Kabupaten Jayapura melakukan program grebek sampah, dengan mengambil lokasi di Pantai Yahim, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (8/6) kemarin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura,  Abdul Rahman Basri mengatakan, program grebek sampai dilakukan pihaknya bekerja sama dengan sejumlah pihak baik belajar di tingkat sekolah menengah,  juga mahasiswa dan masyarakat serta SDM ada di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura.

“Jadi grebek sampah ini merupakan program dari kami dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup,” kata Abdul Rahman Basri kepada wartawan di Sentani, Rabu (8/6)  kemarin.

Dia mengatakan,  aksi pungut sampah ini juga melibatkan pihak Basarnas, TNI- Polri dan komponen masyarakat Kampung Yahim. Pada kesempatan ini pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang pembuatan kompos dari bahan organik.

“Selain aksi pungut sampah,  kami juga melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan kompos untuk dijadikan pupuk organik,” imbuhnya.

Dia mengatakan,  dari hasil kegiatan grebek sampai ini, sampah didominasi sampah-sampah plastik dan botol plastik yang menumpuk di pinggir Danau Sentani.

Pihaknya berharap masyarakat memiliki kesadaran dan kepedulian menjaga lingkungan,  terutama dalam hal membuang sampah.  Supata tidak membuang sampah di sembarang tempat,  karena itu sangat mengganggu ekosistem dan merusak lingkungan hidup.

” Ada sejumlah program yang kami lakukan terkait penanganan sampah, tetapi kami butuh kesadaran masyarakat untuk sama-sama menjaga ekosistem ini agar tidak tercemar oleh sampah.  Kami harap masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat dan buanglah sampah pada tempat-tempat yang sudah kami siapkan,” pungkasnya. (roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *