Latih Anak Papua Belajar Komputer dan Internet Sehat

Dr. Drs. Tomi Mano, MM, Tenaga Ahli Menteri Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial saat memberikan sambutan pembukaan pelatihan Komputer Bagi Anak Anak Papua di Laboratorium Komputer BBPPKS Jayapura, Selasa (7/6). (Karel/Cepos)

JAYAPURA-Kementerian Sosial melalui Badan Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKKS) Provinsi Papua memberikan pelatihan komputer  internet sehat untuk anak Papua. Pelatihan yang diselenggarakan secara gratis ini dibuka oleh Tenaga Ahli Mentri Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial, Dr. Drs. Tomi Mano, MM di Laboratorium Komputer BBPPKS Jayapura, pada Selasa, (7/6).

  Dalam kesempatan tersebut, Benhur Tomi Mano yang akrab disapa BTM mengatakan program pelatihan komputer tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri Sosial guna untuk memberdayakan masyarakat Papua dalam menggunakan komputer. Pelatihan Komputer di BBPPKKS ini dilakukan secara gratis. Pihak BBPPKKS menyiapkan tenaga pelatihan kepada    masyarakat yang ingin melakukan pelatihan komputer.

   “Saya sebagai Tenaga Ahli Mentri Sosial mengimplementasikan pelatihan ini sesuai dengan arahan Mentrri Sosial. Sehingga harapannya pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas anak-anak Papua, khususnya di bidang Teknologi Informasi,” ucap mantan Walikota Jayapura.

  Dalam melakukan pelatihan BBPPKS di Jayapura akan bekerjasama dengan sekolah dari jenjang SD,  SMP, hingga SMA. Kegiatan dilaksanakan setelah pulang sekolah dan siswa mendapatkan pelatihan sebanyak 12 pertemuan. Selanjutnya, pelatihan juga akan mengajak anak-anak penyintas bencana banjir di Sentani yang nantinya akan menghuni rumah dari Bantuan Kementerian Sosial.

   Setiap jenjang akan mendapatkan porsi materi yang berbeda. Materi yang akan diberikan untuk jenjang SD, yaitu Pengantar Komputer dan Pemakaian Program Aplikasi, Mesin Pencari Informasi, Media Sosial untuk belajar, Mewaspadai Konten Negatif, Keamanan Pengguna Anak, dan Internalisasi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

   Sedangkan materi untuk jenjang SMP dan SMA, yaitu Pengenalan Dasar Komputer, Pemanfaatan Microsoft Office, Penggunaan Internet Secara Sehat, dan Pemanfaatan Media Sosial. Di akhir pertemuan semua jenjang akan melakukan ujian untuk melihat tingkat pemahaman dan pengetahuan peserta.

   Pada acara peresmian, turut juga mengundang Kepala Sekolah dan Siswa SD Negeri Inpres Youtefa Abepura yang akan menjadi peserta pada angkatan pertama. “Kita senang anak-anak dilibatkan dalam kegiatan pelatihan komputer ini. Karena memang selama ini belum pernah ada kegiatan ini. Mungkin selama ini mereka hanya pegang hp saja, jarang mereka memegang komputer,” ucap Mariana T. Wambrauw, S. Pd, Kepala Sekolah SD Negeri Inpres Yotefa Abepura. (CR-267/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *