Peduli Lingkungan, Forkompas Gelar Tanam Pohon Penghijauan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura,  Abdurahman Basri, bersama dengan Forum Komunikasi Pemuda Adat Sentani (Gorkompas), melakukan penanaman pohon penghijauan di Kampung Putali,  Distrik Ebung Fauw, Sabtu (4/6). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Forum Komunikasi Pemuda Adat Sentani  (Forkompas) Kabupaten Jayapura menggelar kegiatan penanaman pohon penghijauan di Kampung  Putali,  Distrik Ebung Fauw, Sabtu (4/6).

Ketua Forkompas, Yonas Kalem mengatakan, Forum Komunikasi Pemuda Adat ini sudah dibentuk beberapa tahun yang lalu dan dalam kegiatan ini, ada sejumlah program yang sudah dikerjakan.

Misalnya dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia  tahun ini, pihaknya melakukan penanaman pohon penghijuan. Ada juga beberapa kegiatan yang sudah dilakukan oleh pihaknya sebelumnya, diantaranya kegiatan pembersihan sampah,  kemudian di hari air sedunia pihaknya juga melaksanakan kegiatan penanaman pohon di Kampung Kewadewar.

“Dan hari ini kita tanam pohon di sini dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang diperingati tanggal 5 Juni 2022,”ujarnya.

Dia mengatakan,  program penanaman pohon itu lebih fokus dilakukan di wilayah-wilayah atau tempat yang memang belum ditanami pohon.  Oleh karena itu pihaknya berupaya melakukan kegiatan penghijauan melalui upaya tanam pohon bersama.  “Juga ada program lain yang sedang kami rencanakan yaitu di setiap mata air akan kami tanami pohon,” ujarnya.

Kepada seluruh elemen masyarakat yang ada, pihaknya berharap supaya memandang lingkungan hidup itu menjadi sesuatu hal yang sangat penting.  Karena tidak bisa dibayangkan apabila tanpa ada lingkungan hidup seperti pohon-pohon penghijauan, sudah dipastikan akan berdampak pada manusia itu sendiri, karena tanpa oksigen manusia tidak akan bisa hidup.

“Kami berharap ini menjadi perhatian tokoh adat dan  pemerintah kampung.  Kami berharap apa yang kami buat di sini tolong dirawat sehingga kemudian hari bisa menjadi hijau,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Abdurrahman Basri menyampaikan apresiasi kepada Forum Komunikasi Pemuda Adat Sentani yang telah melaksanakan program penanaman pohon penghijauan di beberapa tempat di  Sentani.  Ini merupakan satu upaya yang sangat positif dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup yang ada di Kabupaten Jayapura. (roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *