Gunakan Noken Daripada Kantong Plastik

Aktivitas jual beli mama-mama Papua yang menggunakan plastik di Pasar Expo Waena harus diarahkan untuk menggunakan noken guna mengurangi sampai di kota Jayapura, Sabtu, (6/5). (Noel/Cepos)

JAYAPURA-Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, masyarakat Kota Jayapura diingatkan untuk kembali meminimalisir penggunaan kantong plastik saat berbelanja. Diharapkan masyarakat Papua juga menggunakan noken dalam melakukan aktivitas belanja ketika berada di supermarket maupun pasar. Sebab pembatasan penggunaan plastik ini dinilai mampu mengurangi sampah di Kota Jayaprua.

   “Kami lihat penggunaan tas atau noken yang dilakukan beberapa warga ketika membeli di supermarket, karena di Supermarket sudah ada pembatasan sudah sangat baik dan ini telah membatasi penggunaan plastik yang berdampak kepada berkurangnya sampai di Kota Jayapura,” kata staf pengajar Magister Pengelolaan SDA dan Lingkungn Uncen, Dr Johnson Sialagan MSi di Jayapura, Sabtu, (6/5).

   Namun meski memberikan apresiasi kepada beberapa supermarket yang membatasi penggunaan plastik, ia berharap hal ini juga dapat ditiru oleh beberapa pedagang yang ada di pasar tradisional atau pasar di Kota Jayapura agar tidak memperbanyak sampah

  “Kami lihat untuk di mall-mall Jayapura dan beberapa tempat Supermarket sudah bagus karena dibatasi penggunaan plastik dan mereka harus belanja dengan menggunakan tas baik yang dibawa masyarakat, tapi alangkah baiknya juga menggunakan noken yang merupakan budaya kami, sehingga kami harapkan ketika memilih di pasar pun bisa saja menggunakan karena kita tahu noken juga bisa dicuci kembali,” katanya.

  Sementara itu,  ia juga menyarankan kepada masyarakat untuk mengangkat kearifan lokal noken pada hari lingkungan hidup sebagai alat untuk berbelanja di pasar maupun supermarket. (oel/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *