Warga HKJM Harus Kompak dan Berkontribusi Bagi Papua

Salam salaman dalam kegiatan halal bihalal akbar 1443 H/2022 M, yang diselenggarakan HKJM Papua di PTC Entrop, Minggu (29/5) kemarin. (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Kehadiran Himpunan Kerukunan Jawa Madura (HKJM) di Tanah Provinsi Papua memberikan andil dan kontribusi nyata untuk pembangunan dan peningkatan perekonomian di Tanah Papua. Dimana hadirnya warga Jawa Madura  ikut mendukung program pemerintah daerah, baik di Provinsi maupun kabupaten/kota sesuai profesi dan bidangnya masing-masing.

   “Warga Jawa Madura juga selalu menjunjung tinggi semboyan dama bumi dipijak di situ langit di junjung, jadi warga jawa madura selalu menjaga nilai nilai kebudayaan setempat, kerukunan toleransi umat beragama serta sosial kemasyarakatan dalam menjaga Kamtibmas dimanapun ia berada,”ungkap Ketua Umum HKJM Papua Dr.H.Sarminanto, SH.,MM., disela sela acara Halalbihalal akbar   1443 H/2022 M Paguyuban warga Himpunan Kerukunan Jawa Madura (HKJM) Provinsi Papua, berlangsung meriah dihadiri lebih 900 orang berlangsung di PTC Entrop, Kota Jayapura, Minggu (29/5)kemarin.

  Menurut Sarminanto, sebagai warga HKJM Di Tanah Papua,  harus menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan NKRI, tetap menjaga Kamtibmas, serta selalu menjunjung tinggi peribahasa ” dimana bumi dipijak disitu langit kita junjung”.

  Peribahasa tersebut mengandung arti bahwa seseorang sudah sepatutnya mengikuti atau menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat tinggalnya, jadi sebagai orang Jawa Madura harus kompak, bersatu dan punya kontribusi untuk Papua dan menghargai tradisi adat istiadat yang ada di papua,”jelasnya.

  Ditempat sama, mewakili Gubernur Papua Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Iman Djuniawal, mengakui, keberadaan HKJM Di Tanah Papua sudah memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan di Tanah Papua.

  Untuk itu, eksistensi dan kesolidan yang selama ini sudah terbangun oleh HKJM Papua diharapkan bisa terus  terjaga dengan baik, karena HKJM Papua bisa menjadi contoh paguyuban atau ormas lain di papua.

   Sementara itu, pada kesempatan itu dalam acara halal bihalal juga ada tamu undangan yang diberikan blangkon Sebagai warga  kehormatan HKJM Papua yang diberikan kepada Mantan Wali Kota Jayapura dan kini menjadi  Tenaga Ahli Menteri Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial Dr.Benhur Tomi Mano, MM.,dan Bupati Ricky Ham Pagawak (RHP) sekaligus RHP memberikan bantuan dalam acara itu Rp 50 juta. Termasuk Lomba kuliner makanan khas tradisional Jawa Madura diikuti 14 peserta.

  Acara halalbihalal juga mengundang penceramah Ketua MUI Papua Syaiful Islam Al Payage, dimana dalam pesan ceramahnya poin pentingnya adalah dimanapun warga HKJM berada tetap harus menjunjung persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI, walaupun berbeda warna kulit, agama, budaya dan adat istiadat tetap kerukunan umat beragama harus dijaga.

  

Sekedar diketahui acara halalbihalal juga dihadiri mantan wakil walikota Jayapura Dr.Ir.H.Rustan Saru, MM., Sekjen Forkom Lintas Kerukunan  Nusantara Junaidi Rahim, Forkopimda Papua dan sejumlah tamu undangan lainnya.  (dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *