Kedamaian di Tanah Papua Harus Diwujudnyatakan

Bupati Mathius Awoitauw bersama pengurus SOPAN Kabupaten Jayapura,  Sabtu (28/5). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Solidaritas Paguyuban Nusantara (Sopan ) Kabupaten Jayapura telah melaksanakan kegiatan halal bihalal dengan seluruh Forkompinda yang ada di Kabupaten Jayapura mulai dari unsur  TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Jayapura dan juga masyarakat adat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan di Kabupaten Jayapura, Sabtu (28/5) .

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengatakan, halal bihalal yang dilakukan oleh Paguyuban Nusantara ini merupakan satu hal yang sifatnya sangat positif, karena selain menjalin hubungan kebersamaan, kegiatan seperti ini juga dapat meningkatkan tali silaturahmi dengan sesama masyarakat lintas paguyuban, suku dan agama.

“Tidak ada hal yang lebih baik kecuali kita hidup penuh dengan keharmonisan dan kedamaian,” ujar Mathius Awoitauw usai acara , Sabtu (28/5).

Dikatakannya, kedamaian dan kerukunan antar umat beragama di Tanah Papua secara khusus di Kabupaten Jayapura ini bukan saja seruan belaka,  tetapi harus diwujudnyatakan. Untuk itu hal-hal positif semacam ini harus terus dikembangkan di masa- masa yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Sopan Kabupaten Jayapura, H. Kharim mengatakan, halal bihalal ini erat kaitannya dengan silaturahmi antar sesama umat beragama di Kabupaten Jayapura dalam rangka menjaga kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama. Supaya tidak adalagi celah untuk  terjadinya perbedaan  di antara semua paguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Momen ini bisa dijadikan untuk merawat,  menjaga dan mengembangkan kebersamaan di Tanah Papua lebih khusus di Kabupaten Jayapura,”ujarnya.

Selain itu melalui kegiatan halal bihalal ini juga pihaknya ingin memberikan motivasi kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura dan Papua pada umumnya, bahwa keberadaan organisasi Sopan di sini untuk merawat keanekaragaman baik suku maupun budaya di Kabupaten Jayapura.

“Harapan kami kepada seluruh lintas paguyuban di dalam Forum Sopan ini,  mari kita selalu berkomunikasi dan koordinasi serta menjaga kebersamaan.  Dengan begitu kita bisa menyelesaikan semua persoalan yang ada,” pungkasnya. (roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *