PDAM Jayapura Raih Penilaian Kinerja Baik dari BPKP Papua

Dirut PDAM Jayapura Dr.H.Entis Sutisna, SE.,MM., bersama dengan Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Papua Triwibowo Aji, Ak, MSi, dan Koordinator Pengawasan Bidang Putu Yudi Tenaya, Ak, MM,saat melakukan FGD di kantor pusat PDAM Jayapura, Rabu (11/5). (Humas PDAM Jayapura For Cepos)

JAYAPURA-Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura meraih penilaian sehat dan evaluasi kinerja dengan kategori baik di tahun buku 2021, oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Papua.

   Hal tersebut disampaikam dalam Focus Group Discussion (FGD) PDAM Jayapura bersama BPKP Perwakilan Provinsi Papua tentang Peningkatan Kinerja Perusahaan. FGD dipimpin oleh Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Papua Triwibowo Aji, Ak, MSi, dan Koordinator Pengawasan Bidang Putu Yudi Tenaya, Ak, MM, serta dihadiri oleh Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM, Direktur Umum Esther M. Tamba, SE, dan Direktur Teknik Bastian Kapisa.

  Penilaian kinerja PDAM Jayapura dibagi menjadi 2, yakni yang pertama berdasarkan indikator Kementerian PUPR RI tahun 2021 yang menghasilkan nilai 2,94. Meningkat dari tahun 2020 senilai 2,8 atau naik 0,14 dengan kategori sehat. Kedua, penilaian kinerja berdasarkan indikator Permendagri RI nomor 47 tahun 1999 yang menghasilkan nilai 61,23 di tahun buku 2021. Meningkat dari nilai di tahun 2020 yakni 59,3 atau naik 1,93 dengan kategori baik.

  “Ini terbukti bahwa laporan di tahun buku 2021 ada peningkatan, apa yang disampaikan kepala BPKP dan tim akan menjadi motivasi pengelolaan perusahaan, selain dipaparkan hasil kinerja, saya juga berterima kasih telah membekali wawasan bagi pejabat di PDAM Jayapura,” kata Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM pasca FGD di kantor pusat PDAM Jayapura, Rabu (11/5).

  Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Papua Triwibowo Aji, Ak, MSi mengapresiasi peningkatan kinerja PDAM Jayapura. Hasil evaluasi kinerja PDAM Jayapura di tahun buku 2021 menunjukkan peningkatan menurut standar Kementerian PUPR RI, dan sudah tergolong sehat. Kemudian, untuk evaluasi standar Permendagri RI adalah dalam kondisi baik.

  “Kondisi ini tercermin dari hasil peningkatan laba atau PAD yang diperoleh, ada beberapa yang harus diperbaiki, namun secara umum going concern atau kelanjutan usaha dari PDAM Jayapura ini kita nilai berdasarkan analisis sprint kit menunjukkan kondisi yang baik, tidak lagi menunjukkan kondisi yang terancam bangkrut. Harapan kami, pelayanan kepada masyarakat terus lebih baik dan ditingkatkan agar PDAM bisa berkontribusi bagi masyarakat dan daerah,” katanya.(dil/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *