Ini Alasan Edu Cocok Tukangi Persipura

 

Eduard Ivakdalam. (Erik/Cepos)

 

JAYAPURA – Sejak ditinggal Angel Alfredo Vera, kursi pelatih Persipura Jayapura masih lowong. Beberapa nama mulai dikaitkan dengan tim kebanggaan masyarakat Papua itu. Nama Eduard Ivakdalam pun turut dikaitkan.

Dari data yang dihimpun oleh Cenderawasih Pos, ada beberapa alasan Paitua Edu sapaan Eduard Ivakdalam layak menjadi pelatih kepala pasukan Mutiara Hitam.

Pertama, Edu Ivakdalam merupakan mantan pemain Persipura. Ia pernah menjadi pemain penting di kubu Persipura sejak musim 1994-2010. Waktu 16 tahun bukan waktu yang singkat, sehingga Edu tentu sangat paham dengan kondisi Persipura.

Sebaliknya, Persipura saat ini butuh sosok pelatih yang bisa mengembalikan pamor Persipura. Terjun ke Liga 2 tentu sangat berpengaruh terhadap mental para pemain. Sehingga Edu bisa menjadi rekomendasi bagi manajemen untuk memberikan kesempatan.

Apalagi Edu Ivakdalam merupakan sosok pelatih bertangan dingin yang benar-benar mengetahui karakter setiap pemain Persipura. Sehingga ia dinilai mampu merangkul seluruh pemain dalam tim.

Kedua, sukses mempersembahkan medali emas bagi tim sepakbola Papua pada ajang Pekan Olahraga Nasional atau PON XX 2021 menjadi salah satu pembuktian.

Bahkan Edu bisa saja memboyong beberapa pemain eks PON ke kubu Persipura jika dirinya diberikan kesempatan. Mengingat, Persipura saat ini mulai ditinggal beberapa pilarnya.

Dengan membawa beberapa pemain kunci eks PON akan mempermudah dirinya untuk meramu skuad Mutiara Hitam menjadi sebuah klub yang solid.

Ketiga, memiliki lisensi A AFC. Edu baru saja menyelesaikan kursus lisensi A AFC, sehingga secara administrasi dirinya sudah layak untuk menjadi pelatih kepala Persipura di pentas Liga 2.

Keempat, meski belum memiliki pengalaman pada kompetisi Liga 2, tapi Edu sudah beberapa kali membesut klub Liga 3 Papua seperti Persemi Mimika dan Persewar Waropen.

Edu sukses membawa Persewar Waropen lolos hingga babak 32 besar nasional Liga 3 2017. Kemudian setahun berikutnya menukangi Persemi, dan sukses membawa tim asal Kota Emas itu juara Liga 3 zona Papua 2018 dan menapaki babak regional. Sehingga Edu pun dinilai pelatih yang sangat tepat untuk menukangi Persipura musim ini.

Kemudian nilai plus, Edu juga lihai melihat pemain-pemain berbakat. Buktinya, beberapa pemain yang ia bina menjadi rebutan klub tanah air, seperti Yakop Sayuri, Jefron Sitawa, Atta Balinsa, Ricky Cawor, Arody Uopdana dan beberapa pemain lainnya.

Legenda hidup Persipura, Kamasan Jack Komboy juga mendorong agar manajemen Persipura bisa memberikan kepercayaan kepada mantan rekan setimnya itu.

“Kami dari All Star Persipura kalau bisa merekomendasikan Eduard Ivakdalam. Biarlah dia yang melatih Persipura. Sudah punya lisensi dan sangat mengetahui betul kondisi dari Persipura,” pungkasnya. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *