Pejabat Harus Inovatif dan Miliki LHKPN

Bupati Tolikara, Usman G. Wanimbo, SE., M.Si., foto bersama usai melantik Sekda Tolikara, Ir. Palangsong Latuconsina dan sejumlah pejabat di aula kantor Bupati Tolikara, Kamis (28/4) lalu. (Diskominfo Tolikara)

*Bupati Tolikara Lantik Sekda Tolikara dan Sejumlah Pejabat

KARUBAGA-Bupati Usman G. Wanimbo, SE., M.Si., menyebutkan, seluruh institusi atau lembaga pemerintahan di Kabupaten Tolikara membutuhkan SDM yang yang terampil, profesional, dan berdedikasi tinggi. Hal ini disampaikan Bupati Usman Wanimbo saat melantik Sekda Tolikara, Ir. Palangsong Latuconsina dan sejumlah pejabat di aula kantor Bupati Tolikara, Kamis (28/4) lalu.
Terkait hal itu, Usman Wanimbo berharap pejabat yang dilantik beserta seluruh jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) harus selalu mau ingin maju, kreatif dan inovatif, serta memiliki loyalitas dan kredibilitas yang tinggi untuk mewujudkan visi Kabupaten Tolikara yang Maju, Unggul, dan Mandiri.
“Saudara-saudari yang baru saja dilantik, dipercayakan oleh negara dan masyarakat Tolikara untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Untuk itu harus selalu berada di tempat tugas. Saya akan monitor setiap saat. Apabila saudara-saudari selalu meninggalkan tugas tanpa ada pemberitahuan yang jelas, maka kami akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkap Bupati Usman Wanimbo saat memberikan sambutan pada acara pelantikan.
Dikatakan, usia Kabupaten Tolikara telah mencapai 19 tahun, jika dibandingkan dengan manusia, Tolikara kini sudah beranjak dewasa. Oleh karena itu, ia meminta para pejabat di seluruh lingkup Pemkab Tolikara untuk melakukan perubahan dengan bekerja lebih inovatif.
“Pejabat yang dilantik hari ini maupun pejabat yang masih memangku jabatan sampai sekarang ini, juga dituntut melakukan perubahan di dalam diri masing-masing. Karena bapak/ibu dipercayakan Tuhan, masyarakat, dan negara untuk melayani masyarakat. Tingkatkan terus prestasi kerja,” pintanya.
Pada kesempatan itu, Bupati Usman Wanimbo juga mengingatkan bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi pejabat yang dilantik adalah wajib memiliki Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang harus disetujui oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
“Laporan dari Inspektorat melalui Sekda bahwa sekira 70 persen pejabat sudah memiliki LHKPN. Ke depan, pejabat eksekutif maupun legislatif apabila memiliki LHKPN  dilantik. Tetapi bagi yang tidak memiliki LHKPN maka tidak dilantik. Karena itu pejabat harus memiliki LHKPN,” tututrnya.
Ia juga menegaskan bahwa dengan pelantikan ini, Tolikara kini memiliki Sekretaris Daerah Definitif yakni Ir. Palangsong Latuconsina, MM. Untuk itu, Usman Wanimbo meminta Sekda untuk segera menggerakkan seluruh OPD untuk mulai menyiapkan kegiatan pelelangan, pelayanan kemasyarakan, dan pembangunan.
“Sekda Ir. Palangsong juga saya minta untuk segera panggil pimpinan OPD yang belum aktif agar kembali aktif menjalankan tugas di kantor,” tegasnya.
Ditambahkan, pelantikan ini merupakan salah satu instrumen Pemkab Tolikara yang bertujuan untuk memacu semangat ASN agar dapat giat bekerja melayani dan menyentuh kepentingan masyarakat di segala bidang.
“Pejabat yang dilantik ini adalah untuk menggantikan mereka yang telah mencapai usia pensiun, juga mereka yang telah menerima nota dinas beberapa bulan lalu. Bagi kepala distrik yang dilantik, itu untuk menggantikan pejabat sebelumnya karena ada yang berhalagan tetap atau meninggal dunia. Sedangkan 39 kepala kampung yang dilantik ini untuk menggantikan yang sebelumnya telah meninggal dunia,” tutupnya.
Selain melantik Ir. Palangsong Latuconsina sebagai Sekda Kabupaten Tolikara, Bupati Usman Wanimbo juga melantik enam pejabat eselon IIb yaitu Asisten I, Samuel Kogoya, SH., MM., Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, Johni Weya, SE., kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Mathius Hartono Wally, Plt. Kepala Dinas Pertanian, Datina Wenda, SP.,MP., Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan, Mathius Pasang dan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Hukum Politik, Drs. Panus Kogoya.
Bupati Usman Wanimbo juga melantik Paice Yikwa, SH., sebagai Plt. kepala Bagian Umum, Paul Janengga, SP sebagai kepala Bagian ULP, dr. Sarpa Pabisa sebagai kepala RSUD Karubaga dan Anjeli Mira Kogoya, S.IP., sebagai kepala Bagian Persidangan pada Sekwan Tolikara.
Pejabat lain yang dilantik Denus Wenda, S.Sos., sebagai kepala Bagian Keuangan Sekwan, Petrus Roson, S.Hut sebagai kepala Bidang Mutasi dan Promosi pada  BKPSDM, Bartolomeus Belopadang, SH., sebagai kepala Bidang Pembinaan pada Dinas Pendidikan, Axta Smeria Bagalino, ST., mengisi jabatan baru sebagai kepala Bidang Monitoring dan Penelitian pada Bappeda, Irianto Sambur, ST., sebagai kepala Bidang Pelayanan Catatan Sipil pada Dukcapil, dan Juliezer Frans, SP sebagai Sekretaris Dinas Pertanian.
Sementara itu, Pejabat Eselon IIIb yang dilantik sebanyak empat orang, yaitu kepala Distrik Warri, Kepala Distrik Dow, kepala Distrik Gundagi, dan Kepala Distrik Kembu. Selain itu, juga ada Pejabat Eselon IV yang dilantik sebanyak 3 orang serta 39 kepala kampung.
Acara pelantikan ini dihadiri Kapolres Tolikara AKBP Muh. Jafar, Asisten III Setda Tolikara Adi Wibowo, SH, sejumlah pimpinan OPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan. (Diskominfo/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *