Penuhi Kebutuhan Darah, PMI Kota Jayapura Gandeng Pengelola Tempat Ibadah

Umat Masjid Baiturrahim BTN Skyland Kotaraja sedang melakukan pendonoran darah Oleh PMI Kota Jayapura, Sabtu(30/4). Foto: Karel/cepos

JAYAPURA- Selama Bulan Ramadan PMI Kota Jayapura bekerja sama dengan pihak pengelola beberapa tempat ibadah serta instansi yang ada di kota Jayapura untuk melakukan aksi sosial Donor Darah.
Widi Santoso selaku Humas UDD Kota Jayapura mengaku berkat dukungan kerjasama ini, PMI Kota Jayapura mampu mendapatkan sebanyak 600 kantong darah. Menurutnya dengan adanya kerja sama ini bisa membantu meningkatkan ketersediaan darah di PMI Kota Jayapura, yang mana sejak adanya pandemi ketersediaan Darah sangat berkurang.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung meningkatkan ketersediaan darah di PMI Kota Jayapura. Kiranya setetes darah yang mereka berikan dapat membantu orang yang membutuhkan”, tutur Widi, Sabtu, (30/4).

Kegiatan aksi sosial donor darah ini dimulai sejak tanggal 3 April di gereja Gembala Baik Abepura dan berakhir di Masjid Baiturrahim BTN Skyland Kotaraja pada 30 April kemarin. Dikatakanya dari hasil screning jumlah golongan darah yang paling banyak adalah golongan darah O, dan paling sedikit golongan darah AB.

“Saat ini yang masih kurang golongan Darah AB, namun hal ini juga sesuai dengan kebutuhannya yang relatif kurang”, ucap Widi.

Widi juga mengatakan walaupun aksi sosial ini berlangsung selama bulan ramadan, namun mereka tidak menemukan kendala pada setiap pendonor. Sebab sebelum melakukan pendonoran darah terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap kesehatan pasien. Tujuanya agar tidak terjadinya hal yang tidak diinginkan.

“Alhamdulilah walaupun umat muslim tengah menjalani puasa, tapi kami tidak menemukan kenadala saat melakukan pendonoran”, Tuturnya.

Widi mengaku target darah yang mereka butuhkan selama bulan April sebanyak 500 kantong darah, namun dengan semangat keantusiasan masyarakat Kota Jayapura akhirnya melebih target. Hal ini kiranya dapat membantu pasien yang membutuhkan darah, sebab selama ini diakatakannya ketersediaan darah di PMI Kota jayapura sangat berkurang.

Luar biasa antusias masyarakat selama bulan april ini kiranya hal ini juga menjadi contoh bagi orang lain untuk saling memberikan tetesan darahnya kepada yang membutuhkan”, pungkasnya (CR-267/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *