Tingkatkan Mutu Pelayanan, RS Provita Gandeng Universitas Udayana

 

Acara Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja sama antara Universitas Udayana  dengan PT. Duta Damai (RS Provita Jayapura) pada Kamis (28/4) . (Provita for Cepos)

 

 

JAYAPURA-Kerja sama antara Universitas Udayana dan PT. Duta Damai Papua yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan di Jayapura dalam hal ini Rumah Sakit Provita Jayapura dilakukan di Denpasar Bali pada Kamis (28/4)

 

Penandatangan Nota Kesepahaman oleh Rektor Universitas Udayana Prof Dr. Ir I Nyoman  Gde Antara, Meng, Ipu dan Paulus Arfayan selaku Direktur PT Duta Damai Papua (RS Provita Jayapura) telah berjalan dengan lancar dilanjutkan penandatangan perjanjian kerja sama antara Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udaya oleh Dr dr Komang Januartha  Putra Pinatih,M. kes dan Direktur RS Provita Jayapura diwakili oleh drg. Fansca Titaheluw.

 

Dalam sambutannya Rektor Universitas Udaya memberikan apresiasi dan mendapat kehormatan dimana RS Provita Jayapura menjalin kerja sama sehingga dapat mewujutkan pelayanan kepada Masyarakat dimanapun berada.

 

Nama Papua memberikan kesan yang sangat mendalam dalam diri Rektor Universitas Udayana karena pernah bertugas dipedalaman Papua tepatnya di Kabupaten Sorong sehingga sangat mengetahui dan memahami kehidupan sosial dan budaya masyarakat Papua pada umumnya.

 

Lebih lanjut Rektor Universitas Udayana akan menyiapkan tenaga-tenaga dokter umum yang dapat direkrut untuk dilakukan kerja sama yang kemudian disekolahkan menjadi dokter spesialis dan hal ini disambut dengan sangat senang atas kerja sama yang saling menguntungkan dimana Universitas Udayana siap untuk mendidik dokter umum menjadi  dokter-dokter spesialis dari Rumah Sakit Provita Jayapura, dan siap untuk mengirimkan residen mandiri senior untuk bekerja di RS Provita yang tentunya akan memberikan pelayanan kepada Masyarakat umum di Jayapura dan sekitarnya.

 

Sementara itu dalam sambutan balasan dari Uskup Jayapura Mgr Leo Laba Ladjar Ofm  mengatakan sangat bergembira dan mendapatkan berkat khusus dapat bertemu dengan Rektor Univesitas Udayana dengan jajarannya dan bersedia untuk membentuk suatu kerja sama dengan RS Provita karena dibidang kesehatan yang dilakukan gereja Katholik di Papua sudah dari awal memang menaruh keprihatian kepada kesehatan masyarakat dan banyak usaha dibuat dan dibangun untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Papua yang tersebar di pegunangan   dan dipesisir pesisir Papua sesuai dengan misi gereja Keuskupan Jayapura memberikan porsi yang besar untuk merealisasi panggilan geraja Katholik dimana kebutuhan dan tantangan sangat besar dan saat ini pelayanan kesehatan yang harus mengikuti perkembangan jaman dengan tehnologi yang lebih tinggi lagi karena kondisi kesehatan masyarakat juga semakin kompleks, dimana penyakit juga semakin kompleks sehingga pelayanan kesehatan juga dituntut banyak hal.

 

Lebih Lanjut Uskup Jayapura mengharapkan adanya upaya pelayanan kesehatan masyarakat ini telah didirikan beberapa Rumah Sakit Katholik untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat.

 

RS Provita Jayapura menyambut dengan sangat senang dengan adanya upaya kerja sama untuk pendidikan bagi dokter spesialis, pasti sangat menguntungkan karena daerah atau wilayah Indonesia bagian Timur  sangat sulit untuk memasukkan atau mendatangkan dokter spesialis. Sehingga dengan adanya kerja sama dengan Universitas Udayana ini diharapkan dapat menghasilkan dokter-dokter spesialis yang  dibutuhkan RS Provita.

 

Untuk mencapai kerja sama yang baik dan saling menguntungkan Uskup Jayapura berhadap agar diberikan prioritas bagi dokter umum sebagai anak didik yang diutus belajar menjadi dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Univeersitas Udayana, dan RS Provita Jayapura siap untuk menerima dokter-dokter alumni yang akan bekerja di RS Provita Jayapura sambil mendampingi dokter-dokter yang sementara belajar sehingga mutu pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

 

 

Uskup Jayapura juga menyatakan memberikan jaminan keamanan bagi dokter-dokter yang akan berkarya di RS Provita Jayapura.

 

 

“Tujuan perjanjian kerja sama adalah mengembangkan dan meningkatkan mutu pelayanan spesialistik di RS Provita Jayapura, memberikan kesempatan kepada residen senior mandiri fakultas Kedokteran Universitas Udayana untuk mendapatkan pengalaman di Rumah Sakit Provita Jayapura,”Ungkapnya.

 

Selain itu perjanjian juga meliputi sarana pendidikan bagi tenaga dokter umum RS Provita Jayapura yang berkompeten dan loyal untuk melanjutkan program studi dokter spesialis dan sarana penelitian terhadap dokter residen terhadap penyakit spesifik di Papua.

 

 

 

Dalam pertemuan yang penuh keakraban tersebut Rektor Universitas Udayana didampingi Wakil Rektor serta Dekan Fakultas Kedokteran serta jajarannya dan pihak PT Duta Damai Papua dan Rumah Sakit Provita Jayapura dengan jajarannya

 

Dalam pertemuan yang penuh keakraban tersebut diakhiri dengan tukar menukar cidra mata dimana RS Provita Jayapura memberikan lukisan kulit kayu khas dari Papua dan Tifa Papua kepada Rektor Universitas Udayana.(gin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *