Tiga Hari Terakhir, Penumpang di Bandara Sentani Naik Signifikan

Aktivitas antrian penumpang di Bandar Udara Sentani,  Kamis (28/4) kemarin. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Tiga hari  terakhir sejak tanggal (25-27 April 2022) setelah Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 Bandara Sentani Jayapura dibuka, trafik pergerakan penumpang mengalami peningkatan cukup signifikan.

“Jika kita lihat dari data catatan pergerakan dalam tiga hari terakhir, trafik di Bandara Sentani mengalami peningkatan penumpang baik keberangkatan maupun kedatangan,” kata Humas Angkasa Pura 1 Bandar Udara Sentani kepada wartawan di Sentani, Kamis (28/4).

Kenaikan aktivitas keberangkatan penumpang dari Bandar Udara Sentani itu dapat dilihat dari data Posko Terpadu Bandara Sentani,  dimana rata-rata harian trafik penumpang mencapai angka 5.000 penumpang per hari atau  naik 30% jika dibandingkan dengan periode tahun 2021 yang diangkat 3.800 penumpang per hari.

Untuk penerbangan sendiri mengalami kenaikan 44% dimana mencapai 156 pergerakan pesawat per hari jika dibandingkan dengan periode tahun 2021 yang diangka 108 pergerakan per hari. Sedangkan untuk kargo mengalami peningkatan 23% dimana rata-rata mencapai 312rb kg dibandingkan dengan 253rb kg pada tahun 2021.

“Penerbangan berjadwal yang saat ini beroperasi di Bandara Sentani Jayapura antara lain maskapai penerbangan Garuda, Citilink, Lion Air, Wings Air, Batik Air, Sriwijaya Air, dan Trigana Air dengan destinasi favourite yakni Surabaya, Jakarta, Makasar dan untuk intra papua adalah Timika dan Wamena. Peningkatan jumlah penumpang mudik Lebaran ini juga berkaitan erat dengan tingginya animo masyarakat yang besar untuk melakukan mudik Lebaran dan merayakan di kampung halaman” ujarnya.

Jika dilihat dari perkembangan trafik penumpang di Bandara Sentani kemungkinan puncak arus mudik lebaran akan terjadi besok H-4 yaitu pada Kamis (29/4) dikarenakan sudah memasuki periode libur lebaran mengingat libur cuti bersama baru dimulai tanggal 29 April.

“Kami selalu mengimbau kepada pengguna jasa yang akan melakukan penerbangan untuk dapat mempersiapkan dokumen sebaik mungkin,  sesuai dengan regulasi pemerintah dan menjaga penerapan protokol kesehatan serta calon penumpang mengisi e-hac pada aplikasi Peduli Lindungi sebelum keberangkatan ,sehingga perjalanannya dapat berjalan lancar ” ucap Surya. (roy/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *