Realisasi Penyerapan Dana Hibah Bencana capai 78 persen

Gustav  Wersai. (Robert Mboik Cepos)

JAYAPURA-Kepala Bidang Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Kabupaten Jayapura,  Gustav  Wersai mengatakan, hingga saat ini realisasi atau progres dari penyerapan alokasi dana hibah bencana 275 miliar di Kabupaten Jayapura untuk membiayai rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana Maret 2019 lalu sudah mencapai 78,81%.

“Capaian progresnya sudah mencapai 78,81 persen untuk keseluruhannya,” kata Gustav  Wersai, saat dikonfirmasi wartawan di kantor BPBD kabupaten Jayapura Selasa 26/4 kemarin.

Karena itu,  masih ada sisa anggaran sebesar 21,9% atau lebih dari Rp 0 miliar dari total 275 miliar rupiah yang digelontorkan oleh Badan Nasional penanggulangan bencana pasca bencana banjir bandang Maret 2019 lalu di Kabupaten Jayapura.

Dia mengatakan dana  Rp 275 miliar itu di gelontorkan pemerintah untuk membiayai pekerjaan rumah dan rekonstruksi serta rehabilitasi jaringan air bersih jembatan dan talut.

Meski begitu sampai saat ini masih ada sejumlah pekerjaan yang masih dalam proses penyelesaian termasuk pekerjaan rumah di segmen 3 dan segmen 2. Selain itu ada juga pekerjaan jembatan dan instalasi air bersih yang sementara ini masih dalam proses pekerjaan.  Pihaknya memastikan akan menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana di Kabupaten Jayapura ini dalam kurun waktu 4 bulan ke depan.

“Jadi dalam waktu 4 bulan ini kita perjuangkan supaya semuanya tuntas selesai.  Kita juga sudah komitmen dengan pemerintah pusat untuk menyelesaikan ini asal dengan adanya hambatan di lapangan yang berasal dari faktor alam,” ungkapnya.

Dari total 275 miliar itu sebanyak 94 miliar rupiah digunakan untuk pembangunan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga yang terkena dampak dari bencana banjir bandang Maret 2019 itu.  Sedangkan sisanya dimanfaatkan untuk membangun sejumlah infrastruktur mulai dari jembatan, saluran drainase, dan air bersih, talud. (roy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *