Akhirnya Minyak Curah Mulai di Salurkan di Kota Jayapura

Suasan di antre membeli minyak goreng curah di Kantor Kelurahan Numbay Distrik Jayapura Utara, Senin (26/4). (Karel/Cepos)

JAYAPURA-Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) menyaluran minyak goreng curah kepada masyarakat di Kantor Kelurahan Numbay Distrik Jayapura Utara pada Selasa (26/4).

Dwi Yuniarko Manager Bisnis Perum Bulog Wilayah Papua dan Papua Barat mengatakan bahwa peran Perum Bulog adalah sebagai distributor. Dimana yang mendapatkan pengadaannya dari pemerintah adalah PT Irian Jaya Sehat (IJS) Jayapura. “Jadi perum Bulog  sebagai penyalur penyediaan minyak goreng curah,”tutur Dwi Yuniarko.

Harga minyak goreng curah yang dijual adalah Rp 14/ liter dan setiap orang hanya berhak mendapatkan 2 liter dan setiap pembeli wajib menunjukkan KTP.

“Hal ini agar ada pemerataan kepada semua penerima manfaat. Karena  dengan kelangkaan serta tingginya harga jual minyak goreng dalam kemasan saat ini tentu kehadiran minyak goreng curah mampu meringankan beban masyarakat,”tambahnya.

“Biar semua masyarakat merasakan harga subisidi ini, sebab saat ini juga harga minyak goreng dalam kemasan cukup mahal, mungkin dengan adanya minyak goreng curah bisa membantu untuk kebutuhan mereka,”tambahnya.

Dwi Yuniarko mengatakan stok yang tersedia hanya 1.000 liter dan karena terbatasnya stok yang ada pihak Perum Bulang betu-betul mengawasi penyaluran minyak goreng curah itu agar tidak terjadi tumpang tindih pemerimaan setiap masyarakat.

“Sengaja kami libatkan pihak Kelurahan Numbay dalam pembagian minyak goreng ini agar tidak ada masyarakat yang di luar Kelurahan Numbay yang terima minyak goreng curah ini. Dan Alhamdulilah sejak awal pembagian masyarakat mematuhi aturan yang kami buat dengan saling mengantri,”tuturnya

Untuk penyaluran berikutnya belum ada kepastian sebab hal ini tergantung kebijakan pemerintah dan distributor yang dalam hal ini Satgas Pangan dan PT IJS

“Ini hari pertama pembagian dan tidak tau besok atau lusa masih ada atau tidak tergantung kebijakan distributor saja,”tuturnya

Kehadiran minyak goreng curah ini sangat membantu kebutuhan masyarakat dal ini di katakan oleh Regina Saili. Regina Saili warga Kelurahan Numbay Kota Jayapura sangat senang dengan adanya minyak goreng curah sebab dia sendiri sebagai penjual kue tentu terbantu mengurangi penggunaan minyak goreng dalam kemasan.

“Senang sekali karena selama ini terpaksa menggunakam minyak goreng kemasan untuk bikin kue, tingginya harga jual minyak goreng kemasan sangat merugikan kami sebagai pelaku usaha gorengan”, tuturnya.

Regina sendiri mengaku terkait kualitas minyak goreng curah bukan sesuatu yang di persoalkan, dia hanya yakin bahwa minyak goreng curah sudah sesuai standar balai POM.(CR-267/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *