Kunjungan PW Diharap Beri Semangat bagi Masyarakat Papua Barat

Gerson Jitmau. (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Kunjungan kerja Deputi Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kemendagri, Paulus Waterpauw (PW) ke Provinsi Papua Barat, disambut baik masyarakat setempat. Sekadar diketahui,   dalam kunjungan kerja itu,  Paulus Waterpauw  memberikan kuliah umum bagi mahasiswa di Sorong yang dipusatkan di Universitas Muhammadiyah Sorong dan dilanjutkan ke kepulauan Fani, pulau terluar di daerah Raja Ampat, Jumat, (22/4), lalu.

Tokoh Pemuda dan Penasehat Pemuda Papua Barat, Gerson Jitmau sangat mengapresiasi kunjungan kerja Deputi BNPP Kemendagri, Paulus Waterpauw ke Papua Barat. Ini membuktikan bahwa meskipun pejabat OAP sudah di pusat, namun tetap peduli dan perhatian dengan masyatakat di Papua, termasuk di Papua Barat.

Dalam kunjungan kerjanya di Sorong untuk bertemu BEM  yang dipusatkam di Universitas Muhammadiyah Sorong, ada  banyak hal yang disampaikan, terutama bagaimana mengajak generasi muda Papua untuk bisa menjadi generasi penerus bangsa yang lebih baik.

“Saya selaku mantan Ketua KNPI Papua sangat bangga dan bersyukur serta terima kasih kepada PW yang telah memberikan kuliah umum dengan tema merajut kebersamaan, membagikan harmoni menuju Papua Barat, ini sangat bermanfaat sekali,”ungkap Gerson saat bertandang ke Kantor Cenderawasih Pos, Minggu (24/4) kemarin.

Dalam kuliah umum itu, PW  memberikan materi tentang pentingnya nilai Pancasila bagi seorang anak bangsa, sebab itu merupakan dasar berpikir pemersatu bangsa.

Dia, mengatakan bahwa konflik dalam kehidupan bangsa sudah terjadi pasca kemerdekaan, namun Pancasila menjadi perekat pemersatu kehidupan bangsa.

Gerson juga memberikan apresiasi kepada PW yang telah mengunjungi Pulau Fani di Raja Ampat untuk melihat potensi pariwisata dan kekayaan laut di sana.  Karena di sana juga daerah pariwisata nasional dan internasional, sehingga kegiatan yang bernuansa wisata Bahari bisa mendukung dan mendongkrak ekonomi masyarakat di sana.

“Kami berharap melalui kunjungan ini dapat memberikan motivasi pada masyarakat, pemerintah daerah maupun pemuda dan pelaku usaha pariwisata agar menjadikan daerah itu zona aman, nyaman dalam mengembangkan dunia pariwisata.

“Jika itu dikelol dengan baik maka menambah pendapatan bagi keluarga, termasuk pendapatan daerah, “bebernya.

Ditambahkan, masyarakat Papua Barat juga berharap ada sosok pemimpin orang asli Papua yang bisa seperti Paulus Waterpauw, tidak hanya mempunyai karier di Papua, namun juga di level nasional.  ‘Sosok Paulus Waterpauw harus ditiru generasi muda saat ini, karena untuk mencari orang asli Papua yang berkarier seperti beliau sangat susah dan minim sekali,”pungkasnya.(dil/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *