Sweeping di Lapas, Sejumlah  HP dan Benda Berbahaya Diamankan

Sejumlah petugas saat melakukan  penggeledaan dalam sweeping di ruang tahanan Lapas Kelas II Abepura, Kamis (21/4)  malam. (Lapas Abepura for Cepos)

JAYAPURA – Lapas Kelas II Abepura melaksanakan kegiatan penggeledaan (swiping) di lingkunganya. Hal tersebut berkaitan dengan rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke -58 Tahun 2022.

   Kepala Lembaga Kemasyarakatan (Lapas) Kelas II Abepura, Sulistyo Wibowo menjelaskan, Penggeledaan lapas ini merupakan rangkaian kegiatan dari Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke -58 Tahun 2022.    Menurutnya, dalam kegiatan-kegiatan tersebut ada beberapa kegiatan yang sudah dilakukan ada sekitar 16 kegiatan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

  “Kami selaku unit pelaksana teknis di  daerah di wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua secara institusi memang ada suatu petunjuk arahan untuk melaksanakan kegiatan tersebut,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (22/4) kemarin.

   Kegiatan Pemasyarakatan bersih-bersih ini, lanjut Sulistiyo merupakan salah satu dari beberapa rangkaian kegiatan, yang mana kegiatan tersebut harusnya dilaksanakan pada (18/4) lalu, namun dikarenakan Paskah pihaknya menunda hingga (21/4) pukul 21.00 wit malam lalu.

  Diakuinya, dari hasil pelaksanaan kegiatan bersih-bersih (sweeping) yang diarahkan langsung oleh Kadipas, diikuti oleh Jajaran Divisi Kemasyarakatan, Lapas Kelas II Abepura, Rubasan Kelas I Jayapura, Instusi TNI yang diwakili oleh Koramil Abepura, Institusi Kepolisian yang diwakili oleh Polsek Abepura.

  “Ada beberapa titik yang menjadi target kami, yaitu Blok Maksimum, Tipikor dan Blok Jakasa serta Blok Medium, dari kegiatan tersebut, kami berhasil menyita 6 handphone, 1 merupakan handphone android, ada sendok-sendok alpakat, palu besi, betel besi, kabel-kabel terminal, gunting, silet, pisau dan cutter, serta besi-besi yang dianggap dapat menggangu keamanan, semuanya kita amankan,” tambahnya.

  Menurutnya, hal ini harus dilakukan karena secara pasti dan sudah dianjurkan oleh pimpinan. Selain itu pihaknya juga diharapkan menuntaskan masalah adanya handphone, pungli dan narkoba.

   “Sekitar 75 orang yang hadir dan mengikuti kegiatan sweeping ini,  dengan harapan kami, Lapas Abepura selalu dalam kondisi aman terkendali, serta bisa memberikan pelayanan terbaik kepada narapidana yang berada di dalamnya,” pungkasnya. (ana/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *